PELATIHAN KONSELING PERKAWINAN BERBASIS KOMUNITAS

Dyah Astorini Wulandari, Suwarti Suwarti

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini mempunyai tujuan membekali peserta dengan pengetahuan dan ketrampilan menjadi konselor perkawinan sebaya berbasis komunitas.Kegiatan ini melibatkan dua kelompok mitra yaitu Kader PKK Kabupaten Purbalingga sebanyak 25 orang dan Pengurus Daerah Salimah Kabupaten Purbalingga sebanyak 25 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, pelatihan, simulasi, penugasan, dan diskusi yang melibatkan partisipasi aktif peserta mulai dari mengidentifikasi permasalahan, latihan, diskusi dan sharing, simulasi hingga evaluasi kegiatan. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut : (1) pelatihan konseling perkawinan, (2) praktek konseling perkawinan (3) pengembangan model konseling perkawinan berbasis komunitas, (4) simulasi model konseling perkawinan berbasis komunitas, (5) evaluasi dan (6) seminar dan publikasi hasil kegiatan. Luaran dari kegiatan ini adalah tersusunnya model konseling perkawinan berbasis komunitas. Model konseling perkawinan berbasis komunitas ini merupakan model dukungan sosial dari komunitas bagi calon pengantin dan pasangan suami isteri yang sedang mengalami masalah dalam perkawinan. Dukungan sosial yang diberikan dalam bentuk edukasi pranikah bagi calon pengantin dan konseling perkawinan sebaya untuk membantu pasangan suami isteri dalam mengatasi konflik dalam perkawinan.

Keywords


perkawinan, konseling perkawinan, komunitas

Full Text:

PDF

References


Adz-dzaky, M.H.B. 2004. Konseling dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta : Fajar Pustaka.

Dewi, E.M.P., dan Basti. 2008. Konflik Perkawinan dan Model Penyelesaian Konflik Perkawinan pada Pasangan Suami Isteri. Jurnal Psikologi Volume 2 No. 1, Desember 2008.

Latipun. 2011. Psikologi Konseling. Malang : UMM Press.

Lestari, W. 2007. Strategi Coping Suami Isteri dalam Menghadapi Konflik Perkawinan. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Purwokerto : Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Olson, D.H. & DeFrain, J. 2003. Marriage and Families. Boston : McGraw-Hill.

Sadarjoen. J.W. 2005. Konflik Marital : Pemahaman konseptual, Aktual dan Alternatif Solusinya. Bandung : Refika Aditama.

Sears, D.O., Freedman, J.L. dan Pepalau, L.A. 1994. Psikologi Sosial. Jakarta : Erlangga

Willis, S.S. 2008. Konseling Keluarga (Family Counseling). Bandung : Alfabeta.