UPAYA PENINGKATAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT IBU HAMIL DI KECAMATAN SINGOSARI, KABUPATEN MALANG

Dyah Nawang Palupi, Yuanita Lely Rachmawati

Abstract


Periodontitis merupakan salah satu penyakit rongga mulut yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Penyakit periodontal dapat tercetus oleh faktor hormonal. Kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut saat hamil sangat diperlukan. Hal ini melatarbelakangi upaya peningkatan kesehatan gigi dan mulut ibu hamil di Desa Gunungrejo, Kabupaten Malang. Kegiatan meliputi penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksaan berat badan dan tekanan darah, pemantauan perilaku dan pola hidupnya, serta pemberian makanan tambahan dan vitamin. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan, tetapi belum diikuti dengan penurunan risiko terjadinya penyakit periodontal pada ibu hamil secara signifikan.

Keywords


Ibu hamil, periodontitis, kesehatan gigi dan mulut

Full Text:

PDF

References


Canakci V, Canakci CF, Yildirim A, Ingec M, Eltas A, Erturk A. Periodontal disease increases the risk of severe pre-eclampsia among pregnant women. J Clin Periodontol. 2007; 34. P. 639–645

Gumilar E, Perbandingan Kadar TNF-α dan Mikroba Patogen Periodontal pada Ibu Hamil Normal, Hamil dengan Periodontitis, dan Preeklamsia Berat Tipe Lambat. Universitas Airlangga. 2011

http:singosari.malangkab.go.id

Sayar F, Hoseini, Abbaspour S. Effect of Periodontal Disease on Preeclampsia. Iranian J Public Health. 2011; 40 (3): 122-127.

Yoseffin O, Gusriani, Mose JC. Correlations of Chronic Periodontitis with Preeclampsia and Fetal Birth Weight. Indonesian Journal of Obstet Gynecol. 2011; 35 (3): 105-9.