OPTIMASI METODE EKSTRAKSI FASE PADAT UNTUK ANALISIS KUALITATIF DAN KUANTITATIF PARASETAMOL DAN DEKSAMETASON DALAM JAMU PEGAL LINU

Hilda Aprilia Wisnuwardhami, Bertha Rusdi, Kiki Mulkiya Yuliawati, Dewi Sartika, Desi Lily Anggraeni

Abstract


Jamu merupakan obat tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk melakukan swamedikasi atau untuk menjaga kondisi kesehatan. Kasus penambahan bahan kimia obat ke dalam jamu menjadi rapot merah yang selalu berulang terjadi setiap tahunnya. Metode analisis bahan kimia obat dalam jamu selama ini hanya berupa analisis kualitatif dengan KLT, dan hasil analisis biasanya masih terganggu dengan kehadiran matriks pengujian. Pada penelitian ini dilakukan optimasi preparasi sampel dengan menggunakan dua catridge SPE yang berbeda. Optimasi preparasi sampel dengan metode SPE diperoleh hasil bahwa pemisahan BKO (parasetamol dan deksametason) dari matriks pengujian dicapai dengan menggunakan cartridge OASIS HLB, pelarut pengekstraksi larutan asam format 2,5% dalam air, larutan pencuci akuades dan pelarut pengelusi larutan ammonium hidroksida 2,5% dalam metanol; dengan terlebih dahulu melakukan pengkondisian dan pencucian cartridge dengan metanol.

Keywords


Parasetamol, deksametason, ekstraksi fase padat

Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehatan RI. Jakarta; 2013.

Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian Direktorat Jenderal Bina Kefarmasian & Alat Kesehatan Bakti Husada. Bahaya Bahan Kimia Obat (BKO) Pada Jamu; 2014.

Food and Agriculture Organization : Chemical and Technical Assessment, Curcumin, p.4; 2004

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 007 Tahun 2012 tentang Registrasi Obat Tradisional.

United States Pharmacopoeia Conv. Inc. USP XXXIV, Reference Tables, Description and Solubility; 2012.

Wisnuwardhani HA, Fidrianny I, Ibrahim S,: Methods Development For Simultaneous Analysis of Steroid and Non Steroid Antiinflamatory Substances in Jamu Pegal Linu Using TLC-Spectrophotodensitometry, International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science. 2013: 5 (4); 749-53.

www.pom.go.id, Public Warning/Peringatan Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia tentang Obat Tradisional mengandung Bahan Kimia Obat, Nomor: HM.03.03.1.43.08.10.8013, tanggal 13 Agustus 2010, [diakses 10 Juni 2015] 22.15.