PELATIHAN KETRAMPILAN PARENTING YANG EFEKTIF BAGI ORANG TUA DI WILAYAH KECAMATAN KEMAYORAN, JAKARTA PUSAT

Melok Roro Kinanthi, Zulfa Febriani, Riselligia Caninsti, Ratih Arruum Listiyandini, Titi Sahidah Fitriana

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan parenting yang efektif bagi orang tua. Kegiatan ini akan dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan bermain peran dengan materi antara lain adalah dinamika dan tantangan menjadi orang tua, ragam gaya parenting, interaksi dan komunikasi dengan anak. Kegiatan ini dilaksanakan di RPTRA Krida Serdang, Jakarta Pusat. Pelatihan ini berdurasi  210 menit dan diikuti oleh 22 orangtua yang bertempat tinggal di sekitar RPTRA Krida Serdang. Adapun hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta terkait parenting. Hal yang menjadi keterbatasan pelatihan ini adalah, di luar dugaan peserta yang hadir memiliki karakteristik yang sangat beragam sehingga materi yang disampaikan menjadi kurang sesuai dengan kebutuhan peserta dan perlu disesuaikan ketika berada di lapangan.


Keywords


Parenting

Full Text:

PDF

References


Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2009). Pernikahan usia dini dan permasalahannya. Sari Pediatri, 11(2), 136-140.

Gyesaw, N. Y. K., & Ankomah, A. (2013). Experiences of pregnancy and motherhood among teenage mothers in a suburb of Accra, Ghana: a qualitative study. International Journal of Women’s Health, 5, 773–780.

Halpenny, A.M. & Nixon, E. (2010). Parents’ perspective on parenting styles and diciplining children. Minister for Health and Children, Dublin (e-book).

Hughes, E. (December, 2013). “Types of parenting styles and how to identify yoursâ€. Diunduh dari https://my.vanderbilt.edu/developmentalpsychologyblog/2013/12/types-of-parenting-styles-and-how-to-identify-yours/ pada 3 Februari 2016.

Sabi, A. Y. (2012). Gambaran Status Kesehatan dan Faktor Penyebab Pernikahan Usia Dini pada Remaja di Desa Cio Gerong Kabupaten Pulau Morotai Maluku. Universitas Kristen Satya Wacana.