PROFIL PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DALAM MEMENUHI TUPOKSI DOSEN PADA MASING – MASING FAKULTAS DI UNISBA

Dian Widya Putri, Stephani Raihana Hamdan, Yulianti Yulianti, Mega Mutiara N. A Wita, Gumelar Saeprabowo

Abstract


Dosen sebagai tenaga pendidik di tingkat perguruan tinggi mempunyai tugas dan fungsi pokok tersendiri .Agar tugas dan fungsi pokok tersebut dapat berjalan baik, lancar dan efektif hendaknya seiring sejalan dengan perkembangan zaman. Saat ini perkembangan teknologi informasi dan media baru seperti media digital dan konvergensi medi atelah mempengaruhi dunia pendidikan. memalui penggunaan  media pembelajaran yaitu teks pedagogik atau teks akademik. Teks akademik ini saat ini sudah hadir dalam bentuk media digital dan konvergensi media contohnya  e-book dan e journal. dosen dituntut untuk dapat beradaptasi dengan teknologi informasi yang terkini dalam bentuk media baru tersebut. Mulai dari penyediaan sumber bahan ajar  sampai pada pengunggahan karya ilmiah.dan lain sebagainya dalam hal ini dosen berperan sebagai penerima dan penyedia konten.Secara umum penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai profil penggunaan media digital dimasing-masing fakultas di Unisba.hasil  penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 jenis data yiatu data pada persentase pada kategori tinggi berada pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Dakwah, sedangkan yang berada pada kategori seimbang yaitu kategori tinggi dan rendah berada pada Fakultas Hukum, Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah, dan yang berada pada kategori rendah berada pada Fakultas Ekonomi, Fikom, Mipa, Psikologi, dan Teknik. Psi

Keywords


Perilaku Bermedia Digital, Tridharma Perguruan Tinggi, Dosen Unisba

Full Text:

PDF

References


Collis, betty. Et.al. (ed). 1995. Information technologies in teacher education. Paris: united nations educational, scientific and cultural organization

Creeber, glenn, martin, royston (eds). 2009. Digital cultures, understanding new media. London : mcgraw hill open university press

Gere, charlie. 2008. Digital culture. London : reaktion bokks ltd

Harris, richard jackso. 2009.acognitif psychology of mass communication5th edition.new york : routledg, taylor & francis group.

Mcmillan, john. 2006. Research in education : evidence-based inquiry. Boston : pearson education, inc.

Rosenberg, m.j. 2001. E-learning : strategies for delivering knowledge in the digital age. The mcgraw-hill companies, inc.

Severin, werner j & tankard jr, james w. 2001. Communication theoris origins, methods & uses in the mass media. 5th ed [teori komunikasi sejarah metode dan terapan di dalam media massa] 2008. Edisi kelima-cetakan ketiga. Terjemahan diterjemahkan oleh sugeng hariyanto. Jakarta : prenada media

silalahi, uber. (2009). Metode penelitian sosial. Bandung : refika aditama

staiger, janet, habike, janet (eds).convergence media history.new york : routledge

timothy t. 2011. Technology acceptance in education. Sensepublisher.

Turow, joseph.2014. Media today, mass media in converging world. 5th edition.new york.: routledge

Vivian, john. 2008. Teori komunikasi massa. Jakarta : prenada media grup

Jurnal

Brown, m.d. 2000. Education world : technology in the classroom. Http://education-world.com/a_tech/tech052.html

Education and online civic and political participation. Http://dmlcentral.net/wp-content/uploads/files/literacyeducationandonlineparticipation.workingpaper.pdf. November 2010

Kahne, joseph, jin lee, nam, timpany feezell, jessica. Digital media literacy

Livingstone, sonia, van couvering, elizabeth, thumim,nancy. Adult media literacy. Http://dera.ioe.ac.uk/5283/1/aml.pdf.juli 2009

Putri, Hamdan, Yulianti. 2017. Perilaku Bermedia Digital Dikalangan Dosen Unisba dalam Memenuhi Tridarma Perguruan Tinggi. Vol 10. No 1 http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/view/2731/pdf

Tamrin sikumbang, ahmad. 2014. Komunikasi bermedia. Jurnal iqra’ volume 8 no 01. Http://repository.uinsu.ac.id/810/1/komunikasi%20bermedia.pdf.mei 2014

Vankatesh, v., morris, m.g., davis, g.b, & davis, f.d. 2003. User acceptance of information technology : toward a unified view. Http://www.vvenkatesh.com/wp-content/uploads/2015/11/2003(3)_misq_venkatesh_etal.pdf

Sumber online

E-book, sebuah harapan untuk peningkatan minat baca. Diakses pada http://www.kompasiana.com/aribudiawan/e-book-sebuah-harapan-untuk-peningkatan-minat-baca_55005e2aa33311bb74510af3

Goodhue, dl. & thompson, rl. 1995. Task-technology fit and individual performance. Mis quarterly journal. Vol. 19 no 2 (jun., 1995), pp. 213-236. Management information systems research center, university of minnesota. Doi: 10.2307/249689. Stable url: http://www.jstor.org/stable/249689

Konvergensi media, televisi digital dan masa depan televisi komunitas. Diakses pada https://abunavis.wordpress.com/2009/01/31/konvergensi-media-televisi-digital-dan-masa-depan-televisi-komunitas/

Konvergensi media. Diakses pada https://id.wikipedia.org/wiki/konvergensi_media

Memahami konvergensi media (media convergence). Diakses pada http://satrioarismunandar6.blogspot.co.id/2010/11/memahami-konvergensi-media-media.html

Peran e-book dalam pembelajaran. Diakses http://www.kompasiana.com/arjun_fatah_amitha/peran-e-book-dalam-pembelajaran_550fd753813311b62cbc6800

teknik pemilihan media. Diakses dari https://herminegari.wordpress.com/perkuliahan/teknik-pemilihan-media/

Perkembangan teknologi media dan komunikasi massa. Diakses dari http://amarsuteja.blogspot.co.id/2013/01/perkembangan-teknologi-media-dan.html

Undang-Undang

republik indonesia. 2005. Undang-undang no 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Lembaran negara ri tahun 2005 no 4586. Sekretariat negara jakarta

Dokumen resmi

Kepegawaian universitas islam bandung. 2014. Pedoman kenaikan jabatan fungsional. Bandung. Unisba

Laporan Penelitian

indra astuti, santi., zulfebriges. 2014. Perilaku bermedia digital native : kajian terhadap new media access, new media use, dan new media consumption remaja kota bandung. Penelitian tidak diterbitkan. Kementrian pendidikan dan kebudayaan