APLIKASI PEMBUATAN “MULTIMEDIA ONLINE†BAGI PELAJAR SEBAGAI PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Dadi Ahmadi

Abstract


Perkembangan Informations and Communication Technologi (ICT) atau
teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sangatlah pesat. Menurut statistik yang
dikeluarkan oleh www.internetworldstats.com. Dalam hal penggunaan Internet,
Indonesia masih kalah jauh dengan Malaysia yang berada di peringkat 34 (59%)
dan Singapura di peringkat berikutnya, 35 (58.9%).TIK mempunyai potensi yang
sangat besar untuk dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Pada blue print TIK
Depdiknas, setidak-tidaknya disebutkan ada tujuh fungsi TIK dalam pendidikan,
yakni sebagai sumber belajar, alat bantu belajar, fasilitas pembelajaran, standard
kompetensi, sistem administrasi, pendukung keputusan, sebagai infrastruktur.
Metode kegiatan yang digunakan tim pengabdian ini melalui ceramah, diskusi
kelompok, simulasi dan praktek langsung. Adapun porsi yang terbesar adalah
melalui praktik (75%) Oleh sebab itu pelatihan ini langsung diadakan di lab.
Multimedia Fikom dengan maksud agar pemahaman tentang multimedia tidak
dikuasai sebatas teori belaka.


Keywords


multimedia, pembelajaran online, internet, multimedia online

Full Text:

PDF

References


Asep Herman Suyanto. 2007. Web Design, Theory and Practices. Penerbit Andi.

Balairung, Jurnal Mahasiswa Universitas Gajah Mada, Edisi 38 Tahun XIX,2005,

Penerbit BPPM UGM,Yogyakarta.

Brown, Mary Daniels. 2000. Education World: Technology in the Classroom: Virtual

High Schools, Part 1, The Voices of Experience dalam

http://www.educationworld. Dikutip tanggal 20 Juni 2011 pukul 03.10 wib.

Bob Juius Onggo, 2008 Google PR, The Smart Side of Internet Public Relations,

Examedia Publishing

Depdiknas,2004. Blue Print ICT untuk Pendidikan, Jakarta, 2004

e-Publication, Wikipedia, accessed 28 Sept 2009

NadhyaAbrar, Ana, 2002, Teknologi Komunikasi Perspektif Ilmu Komunikasi, Penerbit

Lesfi,Yogyakarta

Naughton, John, 2004, Sejarah Singkat dari Masa Depan Asal Usul Internet, Penerbit

Interaksara

Putra, Budi, Imperium Digital: Pusaran Budaya Abad 21 (Padang: Pustaka MM, Juli

Saydam,Gouzali,1993, Sistem Telekomunikasi Indonesia, Penerbit Alfabeta, Bandung

Siribodhi, Tinsiri, 2000. ICT Tools For Learning Materials Development, UNESCO,

Bangkok.

Sutikno, M. Sobry. 2004. Model Pembelajaran Interaksi Sosial, Pembelajaran Efektif

dan Retorika. Lombok: Nusa Tenggara Pratama Press.

Soekartawi. 2002b. “E-learning, Kampus Virtual Masa Depan†dalam Harian Pelita, 29

Juli 2002.

Sekolah Dasar. Pengertian E-Learning dan Komponennya. Dikutip tanggal 27 Juni 2011

pukul 01.25 wib, dalam http://sekolah-dasar.blogspot.com.