Kajian Spiritual Marketing dalam Pendidikan Tinggi Swasta (Survei pada Unisba, Uninus, Al-Ghifari di Kota Bandung)
Abstract
Pendidikan Tinggi Swasta dan persepsi pengelola PTSwasta tentang pelaksanaan
Spiritual Marketing (Pemasaran yang spiritual/syariah) di beberapa PTSwasta di kota
Bandung, yang terdiri dari Universitas Islam Bandung, Universitas Islam Nusantara,
serta Universitas Al Ghifari bandung. Ada 7 (tujuh) elemen dari spiritual marketing
yang diteliti, yaitu :product, price, place, promotion, people, process, serta physical
evidence. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis, tentang persepsi
mahasiswa dan manajemen tetang pelaksanaan spiritual marketing di ke tiga PTS
tersbut. Selain mem-bandingkan persepsi Mahasiswa dan Manajemen tentang
pelaksanaan spiritual marketing. Hasil pengolahan data dengan menggunakan “analisis
deskriptif dan Uji Beda Mann- Whithney Testâ€,dapat disimpulkan bahwa “tidak
terdapat perbedaan persepsi terdapat kesenjangan antara persepsi mahasiswa PTS
dengan persepsi Manajemen PTS di kota Bandung tentang pelaksanaan spiritual
marketing,dalam aspek –aspek: spiritual product, spiritual price, spiritual promotion,
spiritual people, spiritual physical Evidenceâ€.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alifahmi, Hifni. 2008. Spiritual Maketing Communications. Indonesia: Arga
Publishing.
Alma Buchari. 2005. Edisi Revisi. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.
Bandung: Alfabeta.
Aruman .2009.Spiritual Community.Marketing Mix. Jakarta.
Departemen Agama Republik Indonesia.205. Al Qur’an dan Terjemahannya. Bandung:
CV Diponegoro
Goncalves, P.,Karen, 1998, Service Marketing, A Strategic Approach, Prentice Hall
International, Inc.A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.
Gunara Thorik dan Hardiono, S Sudibyo. 2007. Marketing Muhammad. Bandung:
MadaniA Prima.
Kartajaya, Hermawan dan Syakir, S Muhammad. 2006. Syariah Marketing. Bandung :
PT Mizan Pustaka.
Kotler,Philip, Kevin Lane Keller.2009, Marketing Management, Thirteenth
Edition,Prentice Hall International, Inc.A Division of Simon & Scuster,
Englewood Cliffs, Nj07632.
Kotler,Philip,Gary Amstrong,2001, Principles of Marketing, Prentice Hall International,
Inc., Upper Saddle River, New Jersey.
Kotler,Philip, Karen F.A.Fox, 2003, Marketing for Education, Prentice Hall
International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.
,1995, Strategic Marketing for Educational Institutions, Second Edition, Prentice Hall
International, Inc. A Division of Simon & Scuster, Englewood Cliffs, Nj07632.
Kotler,Philip,2001, A Framework for Marketing, Prentice Hall International, Inc., Upper
Saddle River, New Jersey.
Lovelock, Christoper,H.,Laurent K.Wright, 2000, Service Marketing and Management,
Prentice Hall International, Inc.New Jersey.
Rochaety, Eti dkk, 2007.Metode Penelitian Bisnis dengan Aplikasi SPSS. Jakarta:Mitra
Wacana Media.
Subur, Jumadi.2007.Spirituality of Marketing.Universitas Indonesia: Lembaga Penerbit
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Majalah Mix. 2009. 6th Edition . Spiritual Community. Jakarta.
Jurnal:
Haq Farooq, John Jackson &Ho Yin Wong. 2005. “Marketing Spiritual Tourism:
Qualitative Interview with private tourism Operators in Pakistanâ€,
M .Fernando and B. Jackson.2006.“The Influence of Religion-based workplace
spirituality on business leaders ‘decision making: An interfaith studyâ€.Faculty
of Commerce- University of Wolongong, New Zealand.
Muhardi, 2002, Pengaruh Pemasaran Internal terhadap Jumlah Mahasiswa yang
Mendaftar di PTS, Jurnal Kinerja, Volume 2 Nomor 2 Desember 2004,
Bandung: Fakultas Ekonomi Unisba.
Yulius, Yudi dan Nandan Limakrishna, 2008, Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa
Pendidikan Terhadap Citra Perguruan Tinggi Swasta Serta Implikasinya
Terhadap Jumlah Mahasiswa Aktifâ€.Jurnal Kinerja,Volume 1 Nomor Nomor 2
Juni 2008,Bandung: Fakultas Ekonomi Unisba.
Ratih Tresnati, 2008. Kajian spiritual marketing dalam Pemasaran Jasa Pendidikan
Tinggi( Studi kasus pada STIE Muhammadyah Bandung). Jurnal Kinerja, Vol
Nomor Nomor 2 Juni 2008,Bandung: Fakultas Ekonomi Unisba.