PREFERENSI MASYARAKAT TERHADAP TAMBANG PASIR DI ALIRAN CI MANDIRI BERDASARKAN ANALISIS TRADE OFF

Keshia Arindini, Supriatna Supriatna, Triarko Nurlambang

Abstract


Wilayah pesisir selatan Jawa Barat kaya akan sumber daya pasir. Salah satunya muara Ci Mandiri, yang memiliki dua tambang pasir yaitu di bagian muara dan di bagian tengah. Pemanfaatan sumberdaya alam dapat menimbulkan konflik karena adanya perbedaan kepentingan dari masyarakat sekitarnya. Oleh karena itu, dibutuhkan alat pengambil kebijakan berdasarkan preferensi masyarakat dalam upaya pengelolaan agar menghasilkan suatu keputusan yang terbaik, yaitu dengan melakukan analisis trade off. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis preferensi masyarakat terhadap tambang pasir di muara dan bagian tengah aliran Ci Mandiri dengan menggunakan metode analisis trade off dan analisis spasial dengan membandingkan trade off dari masing-masing wilayah. Penelitian ini menganalisis ketiga aspek yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan sebagai variabel dalam menentukan preferensi masyarakat. Analisis trade off dari masyarakat terhadap tambang pasir di muara Ci Mandiri menunjukkan bahwa tambang pasir di wilayah tersebut dapat dilanjutkan tanpa pertimbangan lingkungan, sedangkan tambang pasir di bagian tengah aliran Ci Mandiri dapat dilanjutkan dengan pengawasan. Hal ini disebabkan karena lokasi tambang pasir di muara Ci Mandiri jauh dari pemukiman, sedangkan tambang pasir di bagian tengah aliran Ci Mandiri lebih dekat dengan pemukiman.


Keywords


Analisis spasial, Analisis trade off, Preferensi, Tambang Pasir

Full Text:

PDF

References


Brown, Katrina, Tompkins, Emma, Adger, W. Neil. (2001). Trade-Off Analysis for Participatory Coastal Zone Decision-Making. Norwich: University of East Anglia Press.

Cholid, Sofyan. (2009). Sistem Informasi Geografis: Suatu Pengantar. Makalah Dipresentasikan dalam Analisis Kebutuhan Penelitian Puslitbang Kesejahteraan Sosial, Bogor.

Fachruddin, Suaedi. (2015). Analisis Trade-Off Konsep Dan Aplikasi. Bogor: IPB Press.

Goodchild, Michael F. (2009). Methods: First Law of Geography. Departement of Geography, University of California.

(http://www.geog.ucsb.edu/~good/papers/474C.pdf)

Hakim, C. 2000. Work-Lifestyle Choices in the 21st Century: Preference Theory. Oxford: Oxford University Press.

Kismartini. (2004). Analisis Trade-Off Sebagai Alat Analisis Kebijakan Publik. DIALOGUE, 1 (3): 1-19.

McAllister, Donald M. 1995. Evaluation In Environmental Planning: Assessing Environmental, Social, Economic, and Political Trade-offs. Cambridge: MIT Press.

Miller, Harvey J. 2004. Tobler’s First Law And Spatial Analysis. Annals of the Association of American Geographers, 94 (2): 284-289. Oxford: Blackwell Publishing.

Sarmiento, Roberto, Sakrish, Joseph, Byrne, Mike and Rich, Nicholas Leo. 2006. A Critical Analysis of Manufacturing Capabilities Measurement in Manufacturing Strategy Studies. Boston: Cardiff University, Innovative Manufacturing Research Centre.

Zinas, Bako Zachariah, Jusan, Mahmud Bin Mohd. 2012. Housing Choice and Preference: Theory and Measurement. Procedia - Social and Behavioral Science 49, 282 – 292. Elsevier.