KONSTRUKSI ORIGAMI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK ANAK USIA DINI

Respitawulan Respitawulan, Nurul Afrianti, Yurika Permanasari

Abstract


Kesalahan pengajaran konsep matematika saat usia dini, baik dari segi konten maupun metode, dapat menyebabkan berbagai masalah dalam pembelajaran matematika di masa depan. Pemberian materi yang tidak sesuai kelompok umur, kesalahan pehamaman konsep, metode pembelajaran yang tidak menyenangkan dapat menyebabkan anak menjadi ‘trauma’ dengan matematika sehingga matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, menakutkan, serta tidak menyenangkan untuk dipelajari. Origami atau melipat kertas adalah materi yang umum dipergunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Origami diyakini dapat melatih konsentrasi dan fokus anak, meningkatkan persepsi visual dan spasial, melatih mengikuti instruksi yang runut, serta mengenal konsep-konsep matematika, seperti bentuk-bentuk geometri, ukuran, dan pola.


Keywords


Konstruksi Origami, Strategi Pembelajaran, Matematika Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Alperin, Roger C. & Lang, Robert J. (2006). One-, Two-, and Multi-Fold Origami Axioms, Proceedings of 4th International Conference on Origami, Science, Mathematics and Education (4OSME), 2006, California, USA.

Borg, W. R, dan Gall, M. D. (1989) Eduational Research An Introduction. New York: Longman.

Cresswell, John W. (2003) Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, KW. (2011). Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.

Marlina, Linda (2011) Materi Workshop Nasional Origami Program Pembelajaran dan Terapi bagi Anak Usia Dini, Jakarta 4 Juni 2011

Purnamasari, Ni Kadek Novia, dkk. (2014) Penerapan Metode Demonstrasi melalui Kegiatan Melipat Kertas (Origami) untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak, e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No.1 Tahun 2014.