KOMUNIKASI DIKALANGAN PEREMPUAN PEBISNIS ONLINE

Anne Maryani

Abstract


Fenomena perempuan yang berhasil di bisnis online dapat mengubah pandangan dan motivasi pengguna internet terhadap penggunaan internet yang hanya dipergunakan untuk menghabiskan waktu dengan sia-sia. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penelusuran referensi dan dokumentasi. Informan adalah pebisnis online perempuan yang berdomisisli di Bandung, Jakarta, Depok, Bogor. Pemilihan informan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive.
Secara umum beberapa temuan penting dari penelitian ini adalah (1) Pesan perempuan pebisnis online dikemas dalam bentuk yang informative, inspiratif, motivatif, dan humor, (2) Kemasan pesan dibuat sebagai daya tarik untuk menjaga eksistensi relasi dan kepercayaan pengguna internet.(3) Aktivitas komunikasi online menuntut informan untuk mampu mengelola waktu dan memahami etika komunikasi online untuk menghindari kerugian dalam berbisnis. Dorongan yang kuat untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam ruang lingkup bisnis online membuat perempuan pebisnis online mampu bertransformasi menjadi seorang pebisnis online yang handal.


Keywords


Komunikasi Online, Perempuan Pebisnis Online, Kemasan Pesan

Full Text:

PDF

References


Alfian, 1986. Transformasi Sosial Budaya Dalam Pembangunan Nasional, Jakarta: Universitas Indonesia.

Baldwin, John R, Stephen D Perry, Marry Anne Moffit. 2004. Communication Theories for Everyday Life, United States of America, Pearson Education, Inc.

Bungin, Burhan, 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja GrafindoPersada.

Chase, Landy and Kevin Knebl, 2011. Social Media Sales Revolution, United States of America Mc.Graw Hill

Rakhmat, 2009. Cepat Kaya Berkat Internet, Jogjakarta, Garailmu.

Kleindl and Burrow, 2005, E-Commerce Marketing, USA, THOMSON.

Little John, Stephen dan Karen A.Foss,2009. Teori Komunikasi. Jakarta, Salemba Komunika

Liliweri, Alo,1997. Komunikasi Antarpribadi. Bandung, Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J, 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Song, Felicia Wu.2009. Virtual Communities, New York, Peter Lang Publishing.

Sulianta, Feri.2009. Web Marketing.Jakarta,P.T Gramedia

Sutrisno, Mudji dan Hendar Putranto, 2005. Teori-Teori Kebudayaan. Yogjakarta, Kanisius.

Vivian, John, 2008, Teori Komunikasi Massa,Jakarta, Kencana Prenada

Media Group

http://female.kompas.com/read/2011/08/27/15265099/Sukses.Bisnis.Jilbab.Ninja.Lewat.Agen.Online

http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/11/01/30/161485-linda-jumlah-wanita-pengusaha-indonesia-masih-0-1-persen

http://ripiu.com/article/read/wanita-pengusaha

http://www.infobanknews.com/2011/12/60-umkm-dikelola-pengusaha-wanita/