Bidang Kajian Ilmu Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung

Kiki Zakiah, Dedeh Fardiah

Abstract


Hubungan antara Indonesia dan Malaysia beberapa kali mengalami
pasang surut. Media massa juga telah mewarnai hubungan antara dua negara.
Salah satu yang membentuk citra Indonesia di Malaysia yaitu kehadiran TKI yang
mencapai 2,5 juta orang dan yang terbesar dari mereka adalah pekerja kelas
bawah. Berita berita TKI memeriahkan media massa Malaysia dengan berbagai
sudut pandang yang kebanyakan diangkat hal-hal negatifnya. Dengan pendekatan
framing Murray Edelman dan analisa dari Pamela J. Shoemaker dan Stephen D.
Reese ditemukan, Indonesia ditampilkan dalam frame yang negatif bagi pencitraan
Indonesia di Malaysia khususnya yang mengakses media Utusan Malaysia. Hal ini
dapat dilihat dari aspek katagorisasi, rubrikasi dan ideologi yang dikonstruksi
sedemikian rupa. Dalam aspek katagorisasi, realitas Indonesia dominan
ditampilkan dalam wajah PATI (Pekerja Asing Tanpa Izin) yang merupakan
sebagian pekerja Indonesia yang bermasalah. Dalam aspek rubrikasi, Indonesia
dipotret sebagai berita dalam negeri dengan halaman lebih awal, dan kuantitas
yang signifikan.


Keywords


Pencitraan, Katagorisasi, Rubrikasi, Ideologi, Konstruksi Sosial Media Massa.

Full Text:

PDF

References


Berger, Peter L dan Thomas Luckman. 1967. The Social Construction of Reality, A

Treatise in the sociology of Knowledge. New York: Anchor Books.

Chandra, Arie Indra. 2007. Peran Media Massa Sebagai Pencipta Realitas Kedua

dalam Politik Global. Suatu Tulisan Dalam Buku Transformasi dalam Studi

Hubungan Internasional: Aktor, Isu dan Metodologi. (Yulius P. Hermawan.

Editor). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Edelman, Murray. 1993. “Contestable Catagories and Public Opinionâ€, Political

communication, Vol 10, No. 3.

Eriyanto. 2004. Analisis Framing: Kostruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta:

LkiS.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Posrealitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika.

Bandung: Jalasutra.

Shoemaker, Pamela J & Stephen D. Reese. 1996. Mediating The Message. Theories of

Influences on Mass Media Content. Second Edition. N.Y: Longman Publishers

USA.

Soelhi, Mohammad. 2009. Komunikasi Internasional Perspektif Jurnalistik. Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Sumber Lain :

A. Buku Pedoman dan Jurnal :

Ali Fauzi, Nasrullah. 2007. Indonesia dalam Pandangan Media Malaysia: Sebuah

Kajian Awal. Artikel ini semula merupakan makalah yang disampaikan dalam

“Persidangan 50 Tahun Merdeka: Hubungan Malaysia-Indonesiaâ€,

diselenggarakan oleh Fakulti Sastera & Sains Sosial, Universiti Malaya, Kuala

Lumpur.

Bachtiar, Da’i. 2009. Hubungan Bilateral Indonesia – Malaysia Yang Saling

Menghormati Dan Menguntungkan. Makalah Orasi Ilmiah. Universitas

Langlangbuana.

Global Media Journal, Volume 2, Issue 3, Fall 2003, Purdue University, Calumet.

B.Disertasi dan Tesis :

Hamdan, Yusuf. 2006. Konstruksi Sosial Realitas Politik Dalam Media. Disertasi.

Bidang Ilmu Komunikasi. Program Pascasarjana. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Indonesia.

Syamsudin, Atang. 2009. Objektivitas Pemberitaan Pemilu 2002 Pada Media

Independen. Disertasi. Bidang Ilmu Komunikasi. Program Pascasarjana Universitas

Padjadjaran.

http://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_Indonesia_dengan_Malaysia

http://www.utusan.com.my/utusan/info.asp?y=2008&dt=0109&pub=Utusan_Malaysia

&sec=Dalam_Negeri&pg=dn_02.htm

Media Malaysia dan Indonesia Pererat Hubungan Kerjasama, Jumat, 11 Desember

, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Rowman and Littlefield, 2000.