ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN INDUSTRI PT. PLN DISTRIBUSI JAWA TIMUR AREA PELAYANAN MOJOKERTO

Agus Raikhani

Abstract


PT. PLN Unit Bisnis Jawa Timur merupakan salah satu industri jasa yang mempunyai peramam penting dalam pembangunan sebagai industri jasa. PLN memahami akan adanya keinginan dan menciptakan kepuasan bagi pelanggan sesuai harapan dari pelanggan. Untuk mengetahui variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan PLN, kesesuaian antara persepsi dan harapan pelanggan PLN serta variabel yang perlu diprioritaskan adalah merupakan tujuan penelitian ini.Untuk menjawab hal tersebut, variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi variabel profil pelanggan, variabel atribut pelayanan dan variabel penentuan prioritas layanan. Dari hasil analisis pengelompokan pelanggan berdasarkan tingkat kepuasannya, maka secara umum pelanggan pada PT. PLN area pelayanan Mojokerto, merupakan tempat pengambilan sampel adalah ada yang belum puas atas layanan yang telah diberikan. Hal ini terlihat dari nilai kesenjangan yang nilainya masih negatif, yang mana ini berarti bahwa pelanggan pada masing-masing kelompok yang terbentuk mempunyai harapan yang lebih tinggi daripada kenyataan layanan yang diterima.Masing-masing kelompok yang terbentuk dari hasil penelitian mempunyai karakteristik yang berbeda, baik dari profil maupun atribut layanan dan penentuan prioritas layanan yang harus diperhatikan untuk ditingkatkan kualitas layanannya

Keywords


Industri Jasa, Kepuasan Pelanggan, Kualitas Layanan.

Full Text:

PDF

References


Azwar S, (1997), Reliabilitas dan Validitas, Jogjakarta : Pustaka Pelajar.

Brojonegoro, Bambang PS. (1997), AHP Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Antar Universitas - Studi Ekonomi UI.

Budiman AF, (2001), Studi kebijakan pelayanan PLN terhadap konsumen daya rendah 450 - 900 VA di Jombang, Univ. Darul ‘Ulum, Tugas Akhir

Demings, WE (1982) Quality, Productivity, and Competitive Position. Cambridge MA : MIT Center For Advanced Enggineering Study.

Goetsch, DL & Davis (1994) Introduction to Total Quality Productivity Competitiveness. Englewood Cliffs. NJ Prentice Hall International, INT

James F Engel, (1994), Perilaku Konsumen. Jakarta : Binarupa Aksara

Kanji GK. (1995), Total Quality Managemen Procedings at firs world Conggres Britain : Hartnold Ltd

Modelling, Vol 9 No 3-5, pp 161-176, Pergamon Jurnalis Ltd, great Britain

Murray R Spiegel, (1992), Statiatik, Erlangga, Jakarta.

Muchtar, (1999), Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan rumah tangga PT. PLN Cabang Surabaya selatan, ITS, Tugas Akhir

Russefendi ET, dan Sanusi A (1994), Dasar-Dasar penelitian Pendidikan bidang non eksakta

Saaty, (1987) The Analytic Hierarchy Proses-What it is Used, Math

___________, 1987 The Analytic Hierarchy Proses - What it is used, mathlModelling, Vol 9 No 3-5, pp 161-I76, Pergamon Jurnalis Ltd, Great Britain.

Siagian D, Sugiarto, (2001), Teknik Sampling Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama

Singgih Santoso, (2000) Statistik Parametrik, Gramedia , Jakarta

Tjiptono F & Diana, (2000), Total Quality Managemen. Jogjakarta : Andi Jogjakarta.

UUPK, (1999), Bab I Pasal 1 Ketentuan Umum

Vincent Gespert, (2002), Total Quality Managemen, Jakarta. Gramedia Pustaka Jaya