Studi Eksplorasi Mengenai Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau Dari Hasil Tes NST di Paud Cihanjuang dan Paud Cikutra Indah Bandung

Dewi Sartika, Lilim Halimah, Nurul Annisa

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu jenjang pendidikan
sebelum pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan dari anak-anak sejak lahir sampai usia enam tahun (0-6 tahun) yang
menitikberatkan kearah pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan selanjutnya (Sekolah Dasar). Berbagai tuntutan kegiatan dan kurikulum sekolah dasar, maka pendidikan prasekolah (preschool) dirancang sedemikian rupa untuk mempersiapkan anak masuk sekolah dasar.Kurikulum PAUD dirancang untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak pada segala aspek tahap perkembangannya.Namun masingmasing PAUD diberi kebebasan untuk mengembangkan metode pengajarannya. Terdapat PAUD Cihanjuang dan PAUD Cikutra, adalah 2 PAUD yang menggunakan metoda pengajaran yang berbeda.PAUD Cihanjuang menggunakan metode ceramah (lecturing) melalui media visualisasi, sedangkan pada PAUD Cikutra dengan metode pengajaran bermain sambil belajar.Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran mengenai kesiapan anak masuk sekolah dasar ditinjau dari hasil tes NST di PAUD Cihanjuang dan PAUD Cikutra Indah Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplorasi dengan jumlah populasi sebanyak 13 anak.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur N.S.T (Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test) untuk mengetahui kematangan aspek-aspek yang menunjang kesiapan anak masuk Sekolah Dasar.Pengolahan data menggunakan statistic deskriptif untuk mendapat gambaran presentasi kematangan sekolah pada masing-masing PAUD dan juga dikembangkan untuk melihat perbedaannya melalui Uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh bahwa PAUD Cihanjuang ada 50% yang siap untuk sekolah dan 50% yang tidak siap, sedangkan pada PAUD Cikutra 71 % dinyatakan siap untuk sekolah dasar dan 29% nya tidak siap. Sedangkan berdasarkan hasil uji beda dengan menggunakan Uji Mann-Whitney terdapat perbedaan yang signifikan dalam kesiapan anak masuk SD antara PAUD Cihanjuang dan PAUD Cikutra Bandung.

Keywords


Kesiapan anak masuk Sekolah Dasar, metoda pengajaran PAUD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi

keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hurlock, EB. 1995. Perkembangan Anak jilid I 1 & 2 (6th ed). Jakarta : Erlangga.

Hurlock, Elizabeth. 1997. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang

Rentang Kehidupan (terjemahan). Edisi kelima, Jakarta : Erlangga.

Monks, FJ, Rost H., & Coffie NH.Manual Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test.

Universitas Islam Bandung.

Papalia, D. E., & Olds, SW. 1993. A Childs World (6th ed). NY : Mc. Graw Hill.

Seefeldt, Carol & Wasik, Barbara. A. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan

Anak Usia Tiga, Empat, Lima Tahun Masuk Sekolah (terjemahan). Edisi

kedua.Jakarta : PT. Indeks.

Siegel, Sidney. 1997. Statistik NonParametrik: Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama

Slavin, R. E. 2008.Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (terjemahan).Edisi

kedelapan.Jakarta : PT. Indeks.

Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Suryabrata, Sumadi. 1993. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Internet:

http://id.wikipedia.org/wiki/pendidikan_anak_usia_dini,www.mukhlisfahruddin.web.id/

http://diarihani.blogspot.com/2008

http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2010/02/stimulasi_tumbuh_kembang_ana

k_optimal.pdf

http://www.slideshare.net/rizaazmi/methode-of-successive-interval