POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENCAPAIAN TUJUAN UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

Kiki Zakiah, Ani Yuningsih, Ikin Asikin

Abstract


Komunikasi organisasi sebagai elemen penting dalam menghantarkan Unisba mencapai tujuannya terus dikembangkan dan diperbaiki. Oleh karena itu penelitian ini memetakan “Bagaimana Pola Komunikasi Organisasi dalam Mewujudkan Tujuan Universitas Islam Bandung ?â€. Fenomenologi menjadi pisau bedah untuk melihat pemaknaan subjek penelitian - manajemen Universitas, manajemen Yayasan, dan manajemen Fakultas – dalam pola komunikasi yang mereka lakukan dalam objek penelitian. Objek penelitiannya pola komunikasi organisasi tersebut terbagi dalam pola komunikasi manajemen; Universitas dengan Fakultas, Yayasan dengan Universitas, dan Yayasan dengan Fakultas. Ketiga objek tersebut yang menjadi tujuan penelitian ini. Berdasarkan State of the Art merujuk kepada penelitian Ani Yuningsih (2009), Moch Isnaeni (2011) dan Tine Silvana R (2011), penelitian ini dirangkaikan untuk melengkapi konsep mengenai komunikasi organisasi temuan mereka. Sedangkan konsep dan teori mengenai komunikasi organisasi dari Pace dan Faules dipakai untuk menjelaskan pemaknaan subjek penelitian mengenai komunikasi organisasi yang ada di Unisba dalam mencapai tujuan Unisba. Penelitian ini berkesimpulan bahwa: (1)Pola komunikasi manajemen universitas dan fakultas dalam mencapai tujuan Unisba adalah pola komunikasi dialogis dan transaksional, (2) Pola komunikasi manajemen yayasan dan universitas dalam mencapai tujuan Unisba adalah pola komunikasi berorientasi keorganisasian, (3) Pola komunikasi manajemen yayasan dan fakultas dalam mencapai tujuan Unisba adalah pola komunikasi terbatas.

Keywords


Pola, Komunikasi, Organisasi, Tujuan Organisasi.

Full Text:

PDF

References


Davis K, Newstrom JW, 2001. Perilaku dalam Organisasi. Jilid 1, Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muhammad, Arni. (1995). Komunikasi Organisasi. Jakarta. Bumi Aksara

Mulyana, Deddy. 2000. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pace, R. Wayne and Don F. Faules. (1998). Komunikasi Organisasi : Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Terjemahan. Deddy Mulyana, MA., Ph.D. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Robbins, Stephen P. (1996). Perilaku Organisasi: Konsep, Kontroversi, Aplikasi. Terjemahan. Bhuana Ilmu Populer

Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi Struktur, Desain,& Aplikasi. Edisi 3. Terjemahan.Jusuf Udaya, Lic., Ec. Jakarta. Penerbit Arcan.

Sharma, R.A., Organizational Theory and Behavior, McGraw-Hill Pub. New Delhi, 1982.

Schutz, Alfred. (1972). The Phenomenology of The Social Wold. London: Heinemann Educational Book.

Sendjaja, Sasa Juarsa. 2005. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Stephen W. Little John. 2009. Teori Komunikasi (the Theories of Human Communication). Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2006). Metoda Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. (1996). Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Kerjasama Fisipol Gadjah Mada. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Toulson. P and Smith, M. 1994. The Relationship Between Organizational Climate and Employee Perception of Personal Management Practice.

Lain-lain:

Mohd. Isnaini. 2011. Thesis. Komunikasi Organisasi di Perpustakaan Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Unit Pelaksana Teknis Perpustakaan Perguruan Tinggi XY

Silvana R, Tine. 2011. Disertasi. Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Dan Aliran Informasi Terhadap Kepuasan Anggota Melalui Pelaksanaan Pelayanan Pada Ikatan Pustakawan Indonesia.

Yuningsih, Ani. 2009. Disertasi. Komunikasi Organisasi Dalam Konstruksi dan Sosialisasi Budaya Organisasi.