CITRA UNISBA DI KALANGAN MITRA KERJA BERBASIS KINERJA MAHASISWA

Ani Yuningsih, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Sebagai universitas yang sedang membangun dan mengembangkan
kerjasama dengan berbagai instansi, Unisba perlu secara serius mengeksplorasi
berbagai peluang untuk membangun citra positifnya dengan berbagai cara,
termasuk melalui program kegiatan pelatihan kerja dan magang. Pimpinan dan
wakil-wakil berbagai instansi terkait, khususnya pembimbing mahasiswa pelatihan
kerja memiliki pengalaman berinteraksi secara langsung dengan para mahasiswa
Unisba sekaligus dapat menilai kinerja mahasiswa. Penelitian dilakukan agar
universitas memiliki potret yang jelas tentang kondisi sebenarnya citra universitas
khususnya di kalangan mitra kerja. Berdasarkan hasil penelitian diketahui
Kepribadian Unisba di kalangan pimpinan lembaga swasta dan pemerintahan
dinilai Islami, baik, dan memiliki integritas moral. Reputasi Unisba di kalangan
pimpinan lembaga pemerintahan dan swasta dinilai berkualitas baik dalam aspek
akademik juga manajerialnya. Value atau etnik Unisba di kalangan pimpinan
BUMN, pemerintahan, perusahaan swasta, dan media, belum terlalu dikenal,
sehingga tidak memahami nilai-nilai dan etnik Unisba. Identitas produk Unisba
tercermin keislamannya melalui logo Ka’bah, namun banyak simbol-simbol dan
tagline-tagline Unisba lainnya yang belum dikenali.


Keywords


citra, mitrakerja, kepribadian, identitas produk.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. 2007. Dasar-Dasar Public Relations.Bandung :

PT. Remaja Rosda Karya.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama

Media

Argenti, Paul A. 2010.Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.

Basrowi. 2002. Metode Penelitian Kualitatif:PerspektifMikro, Edisi 1. Surabaya: Media

Insa n Cendikia

Harisson, Shirley. 2005. Marketers Guide to Public Relation. New York : John Willy

and Son

Moleong, Dr. Lexy J. 2000.Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya

Mulyadi. 2007. Bagaimana Cara Menjual dan Membangun Citra. Surakarta: Pustaka

Cakra dan Lembaga “CES†Citra Emas

Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pace, R. Wayne, Don F. Faules. 1998. Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan

Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja

Rosda Karya.

Rangkuti, Freddy. 2009.Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis kasusIntegrated

Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Konsumen Pemasaran. Bandung : PT. Remajan

Rosdakarya.

Yin, Prof. Dr. Robert.2008. Studi Kasus Desain & Metode.Jakarta :PT. Raja Grafindo

Persada.

Yusuf, Syamsu dan A. Juntika Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling.

Bandung: Remaja Rosdakarya.