PERSEPSI DAN OPINI PUBLIK TENTANG CITRA POLANTAS JAWA BARAT

Neni Yulianita, Atie Rachmiatie, Dadi Ahmadi

Abstract


Polisi sebagai sahabat rakyat merupakan konsep yang memiliki nilai positif dan menjadi cita-cita Polri dalam meningkatkan kinerja, peran dan fungsinya sebagai penegak hukum. Selain itu membangun hubungan baik dengan berbagai lapisan masyarakat yang acap kali bersinggungan langsung dengan polisi, dalam hal ini polisi lalu lintas (Polantas) sangat dibutuhkan pihak polisi untuk memperbaiki kinerja kesatuannya. Salah satu tujuan menyebarkan angket akan opini publik mengenai citra polisi, diharapkan masyarakat (publik internal-eksternal) dapat memberikan respon akan persepsi, penilaian, kebutuhan dan kepercayaan akan citra polisi demi menciptakan komunikasi efektif, pengertian, dukungan serta kerjasama suatu lembaga dengan publiknya

Keywords


Polisi, Persepsi, Opini publik, Citra

Full Text:

PDF

References


Bittner, John R.1989. Mass Communication; an introduction. Fourth Edition. englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall,.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, and Glen M. Broom. 2009. Effective Public Relations. Pearson International Edition. tenth Edition. Prentice New Jersey: Hall International, Inc.

Effendy, Onong Uchjana. 2001. Dinamika Komunikasi. Bandung: Remadja Karya.

Kasali, Rhenald. 1994. Manajemen Public Relations Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Lesly, Philip. 1983. Everything You Wanted to Know about Public Relations. Singapore: Mubaruk & Brothers PTE.

Nasution, Zukarimen.1990. Komunikasi Politik. Jakarta.

Nimmo, Dan. 2000. Komunikasi Politik Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2001. Komunikasi Propaganda. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Rachmadi, F. 1994. Public Relations dalam Teori dan Praktek: aplikasi dalam Badan Usaha Swasta dan Lembaga Pemerintah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Metode Penelitian Komunikasi: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: Remaja Karya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: Remadja Karya.

Sastropoetro, Santoso. 1987. Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak Dalam Komunikasi Sosial. Bandung: PT.Remadja Karya.

Sunarjo, Djoenaesih S. 2000. Opini Publik. Yogyakarta: Liberty.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Sosial. Jakarta

Singarimbun, dan Sofyan Effendi (Editor), 1995. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Yulianita, Neni. 2004. Opini Publik. Diktat. Bandung: Fakultas Ilmu Komunikasi –Unisba.

Yulianita, Neni. 2004. Opini Komunitas Warga Sekitar Tentang Maraknya Pedagang Kaki Lima (PKL). Laporan Akhir Penelitian. Bandung: LPPM Unisba.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Unisba (P2U), LPPM Unisba