PUBLIC SERVICE COMMUNICATION (KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK) DALAM PEMBENTUKAN CITRA POSITIF LEMBAGA

Tresna Wiwitan, Neni Yulianita, Maman Chatamallah, M. E. Fuady

Abstract


Madrasah Aliyah atau sering disebut dengan MA adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia, setara dengan sekolah menengah atas, yang pengelolaanya dilakukan oleh Kementrian Agama. Pendidikan madrasah aliyah ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas X sampai kelas XII. Banyak masyarakat yang menganggap lulusan MA tidak bisa apa-apa di perguruan tinggi, tapi ternyata lulusan MA bisa bersaing dengan SMA di perguruan tinggi. Madrasah Aliyah harus bersaing dengan jenis pendidikan setingkat yang sedang dijadikan „primadona†oleh pemerintah. Dalam konteks ini madrasah masuk dalam pusaran red ocean strategy. Red ocean strategy merupakan persaingan langsung (head to head) antara dua atau lebih industri/penyedia jasa yang bergerak dalam produk yang sama/setingkat. Dalam red ocean strategy sudah barang tentu para “kontestan†berjuang sekuat tenaga untuk memenangkan persaingan. Berbagai sumber daya dikerahkan untuk unggul dalam persaingan. Energi dan dana yang dikeluarkan tidaklah sedikit. Pihak yang tidak total dan kurang taktis dalam berstrategi akan kalah dalam persaingan. Melihat fenomena seperti saat ini sudah saatnya madrasah melakukan apa yang disebut dengan change management. Change management yang dimaksud adalah hijrah dari Red Ocean Strategy menuju Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy merupakan metode yang digunakan untuk menciptakan pasar baru, ketika pasar tersebut sudah mengalami kejenuhan atau dengan kata lain tidak ada pangsa pasar yang lebih yang dapat diambil dari pasar tersebut. Salah satu cara untuk menciptakan pasar baru adalah dengan melakukan kegiatan pelayanan komunikasi kepada masyarakat, kegiatan pelayanan merupakan kegiatan sadar yang dilakukan oleh seseorang dalam memenuhi kebutuhan orang lain dengan cara yang terbaik.

Keywords


Madrasah, pelayanan komunikasi, Blue Ocean Strategy

Full Text:

PDF

References


Rajagukguk, Bresman. Paradigma Baru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED vol. 6 No.1, Juni 2009.

Saleh, Akh Muwafik., 2010. Public Service Communication., Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto., 2003. Dasar-Dasar Public Relations. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudarsa, Yahya. Service Quality Satisfaction dalam Layanan Pendidikan: Kajian teoritis. Jurnal, Pendidikan Dasar Nomor: 8 – Oktober 2007.

Wilcox L. Dennis, Ault H. Philip & Agee. K Warren, 2006, Public Relations Strategi dan Taktik, Terjemahan Rosa Kristiwati, Batam, Interaksara.

Yulianita, Neni., 2003. Dasar-Dasar Public Relations, Pusat Penerbitan Universitas (P2U) LPPM Unisba. Bandung.

Ratna Ajeng Tejomukti, Madrasah Memberi Bukti, Rubrik Khazanah, Republika (16/9/2014)

Pendis.kemenag.go.id/2009