GAYA PENGASUHAN CONSTRAINING DENGAN KOMITMEN DALAM BIDANG PENDIDIKAN (STUDI KORELASI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG)

Dwi Hurriyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui secara empiris hubungan antara gaya pengasuhan constraining dengan komitmen dalam bidang pendidikan pada mahasiswa psikologi Universitas Bina Darma Palembang. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan antara gaya pengasuhan constraining dengan komitmen dalam bidang pendidikan pada mahasiswa psikologi Universitas Bina Darma Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa/i Fakultas Psikologi Universitas Bina Darma Palembang yang berjumlah 65 mahasiswa/i, sedangkan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 mahasiswa-mahasiswa yang didapat melalui teknik purposive sampling.Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala gaya pengasuhan constraining dan skala komitmen dalam bidang pendidikan. Teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diketahui rxy= 0,526 dan p= 0,000. Hal ini berarti ada hubungan antara gaya pengasuhan constraining dan komitmen dalam bidang pendidikan pada mahasiswa psikologi Universitas Bina Darma Palembang.

Keywords


Gaya Pengasuhan Constraining, Komitmen

Full Text:

PDF

References


Anderson RE, Carter. Human Behavior in The Sosial Environment: A Social System Approach. New York: Aldine Publishing Company; 2004

Archer SL. Interventions For Adolescent Identity Development. London: Sage Publication; 2004

Bansal et al. Sosial and Personality Development. California: Brook Publishing Company; 2004

Bosma Harker A. Identity Development in Adolescent: Coping with Commitmens. Rijksuniversiteit te Groningen; 2003

Buchanan. Self and Identity Fundamental Issues. Edited by Richard D. New York: Oxford University Press; 1997

Hurlock Elizabeth B. (Terjemahan) Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga; 2006

Marcia JE. Identity In Adolescence: Handbook of Adolescence Psychology. New York: Willey; 2005

Moorman et.al. Komitmen. 2004. Diunduh dalam laman http://arahbalik.blogspot.com/2008/01/ komitmen.html (di akses tanggal 13 November 2010)