MEMBUAT FILM PENDEK BAGI SANTRI SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN AWAL MENGENAI FILM SEBAGAI MEDIA DAKWAH

Kiki Zakiah, Askurifai Askurifai

Abstract


Kalangan siswa Sekolah Menengah Pertama sangat rentan terhadap informasi yang kini mudah diakses, baik yang on line maupun off line. Yang diperlukan mereka tidak hanya sekadar bagaimana menerima dan menggunakan media, tapi juga memahami bagaimana sebuah media dibuat sehingga mereka dapat memproduksi media sendiri. Untuk itulah literasi media di kalangan Siswa Mengengah Pertama sangat dibutuhkan. Di sisi lain Film sebagai salah satu media komunikasi massa mempunyai kekuatan dalam mempengaruhi khalayaknya. Oleh karena itu media film dapat dijadikan sebagai media dakwah. Pesantren sendiri sebagai institusi Pendidikan Islam sudah waktunya untuk diberikan bekal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembuatan film pendek. Hal tersebut mengingat pesantren bertujuan melahirkan kader kader dai di masyarakat melalui pendidikan formal SMP ataupun SMA yang diberikan secara terpadu dengan pendidikan informal dan non formal berperspektif Islam dengan metoda Boardiang School. Dengan bimbingan membuat film pendek diharapkan dapat mengembangkan pelatihan dakwah yang selama ini berlangsung di pesantren hanya dalam bentuk pidato dengan mengandalkan kemampuan retorika. Kemampuan awal membuat film pendek dengan tema tema sosial diharapkan dapat mengembangkan dakwah dari segi metode.

Keywords


film pendek, membuat, dakwah, santri

Full Text:

PDF

References


Baksin, Askurifai, 2003, Membuat Film Indie Itu Gampang, Bandung: Grafindo.

Biran, Yusa, Misbach, 1997, Kamus Kecil Istilah Film, Jakarta: Yayasan Pusat Perfilman H. Usmar Ismail.

Englander, A. Arthur & Paul Petzold, 1976, Filming for Television. New York : Hasting House.

Freddie, Young, 1980, Motion Picture. Terjemahan Asrul Sani. Jakarta: -

Gloman, Chuck, 2003, 303 Digital Filmmaking Solutions, Solve Any Video Shoot or Edit Problem in 10 Minutes or Less, California: McGraw Hill.

JM Peters. 1980, Montase, Terjemahan Abdul Hamid. Jakarta: Badan Penyelenggara Pendidikan Artis Film (BPPAF).

Livingstone, Don. 1980, Film and The Director, Terjemahan Masfil Nurdin. Jakarta: BPPAF.

Long, Ben, 2002, Making Digital Videos, Massachusetts: Charles River Media, Inc.

http://www.medialit.org/reading_room/article617.htm

http://melekmedia.org/kajian/pantau-media/wow-lebih-dari-setengah-hari-untuk-media/#ixzz2qWecgBVQ