AKTIBITAS “GREEN MARKETING†YANG DILAKUKAN OLEH PRODUSEN DAN TOKO
Abstract
Kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan
hidup semakin meningkat, hal ini disebabkan adanya kekhawatiran terjadinya
bencana lingkungan hidup yang mengancam hidup manusia. Masalah- masalah
seperti : penipisan lapisan ozon, pemanasan global, hujan asam, polusi udara dan
air, serta meningkatnya sampah yang sulit di daur ulang. Kesadaran marketer untuk
peduli lingkungan dikenal dengan istilah green marketing, aktivitas green marketing
yang dapat dilakukan oleh produsen dan toko diantaranya: membuat produk yang
dapat didaur ulang, menggunakan komponen yang tidak membahayakan,
menggunakan energi yang lebih sedikit, serta mengedukasi konsumen untuk peduli
lingkungan hidup, hasil dari aktivitas green marketing adalah Green poduct/ green
commodity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baker, Josehpine-Pickett dan Ritsuko Ozaki, 2008, Pro-environmental products:
marketing influence on consumer purchase decision, Journal of Consumer
marketing, Volume 25 No.5, page 1
Dahlstorm, Robert, 2011, Green Marketing Management, International Edition, South
Western Cengage Learning: USA.
Heizer, Jay dan Barry Render, 2006, Operation Management, seventh edition, Prentice
Hall: USA.
Jain, K Sanjay dan Gurmeet Kaur, 2004, Green Marketing: An attitudinal and
Behavioral, Analysis of Indian Consumers, Global business Review, Volume 5
No.2, page 188.
Lozada, HR, 2000, Ecological Sustainability and Marketing Strategy: Review and
Impication, Setton Hall University.
Noiseux, Krystal dan Mark E Hostetler, 2008, Do homebuyer want features in their
comunities. Journal of Environment and Behavior, Vol 20 No. 10, page 2.
Prothero, Adrea dan James A Fitchett, 2000, Greening capitalism: Opportunities for a
Green Commodity, Journal of Macromarketing, Vol 20 No.1, page 51
Rudi Haryadi, 2009, Pengaruh Strategi Green marketing terhadap Pilihan Konsumen
melalui Pendekatan marketing Mix, Tesis pada Program Pascasarjana
Universitas Dipenogoro (diunduh pada 21 Juli 2011)
Sigit Kurnia dan Leonardus Meta Noven, 2009, Go green Lewat 3 Filosofi Andalan,
Lingkungan menjadi ‘Roh’ perusahaan, Majalah Marketing No.09/IX/
September 2009.
The Mc. Kinsey quarterly, 2008, Helping ‘green ‘products grow. (diunduh pada 21 Juli
.