AKTIBITAS “GREEN MARKETING†YANG DILAKUKAN OLEH PRODUSEN DAN TOKO

Nina Maharani

Abstract


Kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya pelestarian lingkungan
hidup semakin meningkat, hal ini disebabkan adanya kekhawatiran terjadinya
bencana lingkungan hidup yang mengancam hidup manusia. Masalah- masalah
seperti : penipisan lapisan ozon, pemanasan global, hujan asam, polusi udara dan
air, serta meningkatnya sampah yang sulit di daur ulang. Kesadaran marketer untuk
peduli lingkungan dikenal dengan istilah green marketing, aktivitas green marketing
yang dapat dilakukan oleh produsen dan toko diantaranya: membuat produk yang
dapat didaur ulang, menggunakan komponen yang tidak membahayakan,
menggunakan energi yang lebih sedikit, serta mengedukasi konsumen untuk peduli
lingkungan hidup, hasil dari aktivitas green marketing adalah Green poduct/ green
commodity.


Keywords


Komputer, Animasi, kualitas pembelajaran, kinerja, SPSS

Full Text:

PDF

References


Baker, Josehpine-Pickett dan Ritsuko Ozaki, 2008, Pro-environmental products:

marketing influence on consumer purchase decision, Journal of Consumer

marketing, Volume 25 No.5, page 1

Dahlstorm, Robert, 2011, Green Marketing Management, International Edition, South

Western Cengage Learning: USA.

Heizer, Jay dan Barry Render, 2006, Operation Management, seventh edition, Prentice

Hall: USA.

Jain, K Sanjay dan Gurmeet Kaur, 2004, Green Marketing: An attitudinal and

Behavioral, Analysis of Indian Consumers, Global business Review, Volume 5

No.2, page 188.

Lozada, HR, 2000, Ecological Sustainability and Marketing Strategy: Review and

Impication, Setton Hall University.

Noiseux, Krystal dan Mark E Hostetler, 2008, Do homebuyer want features in their

comunities. Journal of Environment and Behavior, Vol 20 No. 10, page 2.

Prothero, Adrea dan James A Fitchett, 2000, Greening capitalism: Opportunities for a

Green Commodity, Journal of Macromarketing, Vol 20 No.1, page 51

Rudi Haryadi, 2009, Pengaruh Strategi Green marketing terhadap Pilihan Konsumen

melalui Pendekatan marketing Mix, Tesis pada Program Pascasarjana

Universitas Dipenogoro (diunduh pada 21 Juli 2011)

Sigit Kurnia dan Leonardus Meta Noven, 2009, Go green Lewat 3 Filosofi Andalan,

Lingkungan menjadi ‘Roh’ perusahaan, Majalah Marketing No.09/IX/

September 2009.

The Mc. Kinsey quarterly, 2008, Helping ‘green ‘products grow. (diunduh pada 21 Juli

.