ANALISIS IMPLEMENTASI “KNOWLEDGE MANAGEMENT†DALAM MEMBENTUK KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PADA INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) SENTRA KULIT DAN PRODUKSI KULIT DI CIBADUYUT DAN GARUT

Sri Suwarsi, Nurfahmiyati Nurfahmiyati, Dede R Oktini

Abstract


Industri Kecil dan Menengah (IKM ) di Indonesia merupakan penopang
perekonomian yang besar, namun dari sisi kesiapan wirausaha dalam menghadapi
tantangan-tantangan bisnis ke depan. Ditambah dengan adanya pergeseran
paradigma persaingan dari industri berbasis ekonomi menjadi industri yang berbasis
pengetahuan dan informasi membutuhkan pengelolaan pengetahuan yang dikenal
dengan Knowledge Management. Unit analisis penelitian ini adalah karyawan IKM
sentra kulit dan produk kulit di Cibaduyut dan Garut yang berjumlah 4871 karyawan
yang tersebar pada 493 perusahaan. Dengan menggunakan teknik pengambilan
sampel sebesar 5% dari total karyawan maka jumlah sampel dalam penelitian ini
sebesar 242 yang bekerja pada 49 perusahaan dengan rincian di Cibaduyut sebanyak
15 perusahaan dengan jumlah sampel 117 responden dan di Garut sebanyak 34
perusahaan dengan jumlah responden 65. Metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian yang bersifat penjelasan, sedangkan analisis yang digunakan adalah
regresi sederhana, dengan menggunakan SPSS versi 17,0. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi.


Keywords


Implementasi Knowledge Management, Kompetensi Kewirausahaan, Industri Kecil Menengah (IKM)

Full Text:

PDF

References


Andriani Denok. 2004. Performance Indicators Identification Model Development for

Knowledge Management System Evaluation at PT. XYZ. Master Theses from

JBPTITBPP Central Library Institute Technology Bandung

Cheng Nan Chen. 2007. The Relationship Among Social Capital, Entreprenerial

Orientation, Organizational Resoureces and Entreprenerial Performance for New

Venture. Jurnal of Contenporary Management Resesrch Vol.3 no.3 September.

Desouza, Kevin C., and Yukika Awazu. 2004. Engaged Knowledge Management:

Engagement with New Realities. Palgrave Macmillan.

Dave Ulrich and Wayne Brockbank, 1990. Core Competancy Corporation.

Eric Kong, S. Bruce Thomson. 2006. Intellectual capital and strategic human resource

management in social service non-profit organisations in Australia, International

Journal of Human Resources Development and Management Vol. 6, No.2/3/4

pp. 213 - 231.

Faltin, Gunter. 1999. Competencies for innovative entrepreneurship. Unesco meeting on

the future of work and adult learning. Hamburg.

Firestone, Joseph M., and Mark W. McElroy. 2003. Key Issues in the New Knowledge

Management. Butterworth-Heinemann.

Groff, Todd R., and Thomas P. Jones. 2003. Introduction to Knowledge Management:

KM in Business. Butterworth-Heinemann.

Guido Capaldo, Luca Landoli, Entreprenerial Competencies and Training needs of

Small Firms : 2004. A Methodological Approach, University of Napoli Federico II,

Italy,Juli.

Hamel, Gary, and C.K. Prahalad. 1994. Competing for the Future. Harvard Business

School Press.

Jolandi Zwemstra. 2006. Differentiating Between Entrepreneurs and Intrapreneurs: A

Competency Approach, Industrial Psychology, Erasmus University Rotterdam, July.

Jurnal of Asia Entrepreneurship and Sustainability, 2006, The Dynamics of

Entrepreneurs Success Factor in Influencing Venture Growth.

Meredith, Geoffrey G. 2002. Kewirausahaan: Teori dan Praktek. Jakarta: PPM.

Moh. Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mirjan C.Van Praag, 2008, The Impact of Entrepreneurship Education on

Entrepreneurship Competencies and Intentions, Tinbergen Institute Amsterdam.

Nonaka, Ikujiro; von Krogh, Georg. 2009. Tacit Knowledge and Knowledge

Conversion: Controversy and Advancement in Organizational Knowledge

Creation Theory.

Robert J. Thierauf, James J. Hoctor. 2006. Optimal Knowledge Management, Wisdom

Management, System, Concept, and Aplication, Published in the United States of

America byIdea Group Publishing (an imprint of Idea Group Inc).

Ruth Alas,2007, Features of Successful Entrepreneurs in Estonia and Organisational

Learning Challenges, Estonian Business School.