BEASISWA UNTUK MAHASISWA SEBAGAI PROGRAM COORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PT DJARUM TBK.

Hana Silvana, Ira Susanti

Abstract


Reputasi merupakan hal yang utama dalam menjaga eksistensi perusahaan atau lembaga. Coorporate Sosial Responsibility (CSR) merupakan bentuk tanggung jawab sosial lembaga terhadap lingkungannya. PT Djarum merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi rokok. Pada saat ini kampanye anti rokok sedang gencar dilakukan baik oleh pemerintah maupun Lembaga Masyarakat. Pada sisi lain PT Djarum juga melaksanakan program Beasiswa sebagai program CSR pada bidang pendidikan. Pada perkembangannya CSR mempunyai kecenderungan untuk dijadikan acuan dalam menilai reputasi suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program CSR bidang pendidikan di PT Djarum Tbk berupa Beasiswa pendidikan bagi mahasiswa di bidang kesehatan. Adapun rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program CSR bidang pendidikan pada PT Djarum. Populasi penelitian ini berjumlah 43 orang mahasiswa bidang kesehatan penerima Djarum Beasiswa Plus 2015/2016. Sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif-eksplanatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program CSR Djarum Beasiswa Plus memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap reputasi PT Djarum di mahasiswa bidang kesehatan.

Keywords


Corporate Social Responsibility (CSR), Reputasi Perusahaan, Djarum Beasiswa Plus, Mahasiswa Bidang Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Handbook of public relations: Pengantar komprehensif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Banerjee, S. B. (2007). Corporate social responsibility: The good, the bad and the ugly. USA: Edward Elgar Publishing

Butterick, K. (2012). Pengantar public relations: Teori dan praktik. Nurul Hasfi. Penerjemah. (edisi pertama). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Coombs, T. & Holladay, S. (2012). Managing corporate social responsibility: A communication approach. UK: Wiley-Blackwell Publishing

Cutlip, S. M., Center, A.H. & Broom, G. M. (2009). Effective public relations. Tri Wibowo. Penerjemah. (edisi kesembilan). Jakarta: Kencana

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Fatma, M., et. al. (2015). Building company reputation and brand equity through CSR: The mediating role of trust. International Journal of Bank Marketing, 33 (6) hlm. 840 – 856..

Fombrun, C. J., Gardberg, N. A. & Sever J. (2000). The reputation quotientSM: A multi-stakeholder measure of corporate reputation. The Journal of Brand Management. 7 (4) hlm. 241-255

Fombrun, C. J. & Gardberg, N. A. (2000). Who’s top in corporate reputation?. Corporate Reputation Review. 3 (1) hlm. 13-17

Freeman, R. E. (1984). Strategic management: A stakeholder approach. London: Pitman Publishing Inc

Hillenbrand, C. & Money, K. (2007). Corporate responsibility and corporate reputation: Two separate concepts or two sides of the same coin?. Corporate Reputation Review, 10 hlm. 261-277

Hirschhorn, N. (2004). Corporate social responsibility and the tobacco industry: Hope or hype?. Tobacco Control Journal, 13 hlm. 447-453.

Jamali, D. (2008). A stakeholder approach to Corporate Social Responsibility: A fresh perspective into theory and practice. Journal of Business Ethics, DOI 10.1007/s10551-007-9572-4.

Khan, M., dkk. (2013). Corporate social responsibility and corporate reputation: A case of Cement Industry in Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, 5(1) hlm. 843-858

Kotler, P & Lee, N. (2005). Corporate social responsibility: Doing good for your company and your cause. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Lewis, S. (2003). Reputation and corporate responsibility. Journal of Communication Management, 7 (4) hlm. 356 – 366.

Mulyana, D. (2010). Ilmu komunikasi: Suatu pengantar. (edisi keempat belas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nova, F. (2011). Crisis public relations: Strategi pr menghadapi krisis, megelola isu, membangun citra, dan reputasi perusahaan. Jakarta: Rajawali Pers.

Regester, M. & Larkin, J. (2005). Risk issues and crisis management: A case book of best practice. (edisi ketiga). London: Kogan Page Limited.

Sekaran, U. (2006). Research methods for business. (edisi keempat). Jakarta: Salemba Empat.

Sirsly, T. & Lvina, E. (2016). From doing good to looking even better: The dynamics of CSR and Reputation. Business and Society. Hlm. 1-33

Sugiyono. (2010). Metode penelitian bisnis: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharto, E. (2010). CSR & COMDEV: Investasi kreatif perusahaan di era globalisasi. Bandung: Alfabeta.

Susanti,Ira (2016) Pengaruh Program CSR terhadap Reputasi PT Djarum . Skripsi. Bandung

Taghian, M., D’Souza, C. & Polonsky M. J. (2015) . A stakeholder approach to corporate social responsibility, reputation and business performance. Social Responsibility Journal. 11 (2) hlm. 340-363

Vaaland, T. I. & Heide, M. (2008). Managing corporate social responsibility: Lessons from the oil industry. Corporate Communications: An International Journal. 13 (2) hlm. 212-225

Van Riel, C. & Fombrun, C. J. (2007). Essentials of corporate communication: Implementing practices for effective reputation management. London: Routledge.

Sumber Online

Djarum Beasiswa Plus. (2016, 27 Maret). Diakses dari www.djarumbeasiswaplus.org