Analisis Pengaruh Produk Domestic Regional Bruto (Pdrb), Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Indonesia Tahun 2009-2012

Waseso Segoro, Muhamad Akbar Pou

Abstract


Abstrak. Penurunan jumlah penduduk miskin di Indonesia pada tahun 2009-2012 menjadi sebuah fenomena yang sangat langka. Biasanya banyak orang yang mengetahui bahwa jumlah penduduk miskin cenderung mengalami peningkatan di setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh PDRB, Inflasi, IPM dan Pengangguran terhadap Kemiksinan di Indonesia tahun 2009-2012. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 Provinsi di Indonesia dengan periode penelitian tahun 2009-2012. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data PDRB, Inflasi, IPM, Pengagguran dan Kemiskinan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (www.bps.go.id) dan Sistem Informasi dan Manajemen Data Dasar Regional Badan Perencanaan PembangunanNasional (www.simreg.bappenas.go.id). Data tersebut diolah menggunakan metode analisis regresi liner berganda, uji asumsi klasik, uji simultan (uji F), uji parsial (uji t) dan koefisiensi determinasi dengan bantuan program SPSS22. Hasil dari penelitian ini merupakan penelitian lanjutan berdasarkan temuan-temuan dari penelitian sebelumnya yang sangat menarik untuk dianalisis kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan PDRB dan Inflas tidak berpengaruh signifikan terhadap Kemiskinan. Sedangkan IPM dan Pengangguran berpengaruh signifikan terhadapkemiskinan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dikemudian hari untuk pengambilan keputusan bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dalam menanggulangi masalah Kemiskinan.

Abstrak. Penurunan jumlah penduduk miskin di Indonesia pada tahun 2009-2012menjadi sebuah fenomena yang sangat langka. Biasanya banyak orang yangmengetahui bahwa jumlah penduduk miskin cenderung mengalami peningkatan disetiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruhPDRB, Inflasi, IPM dan Pengangguran terhadap Kemiksinan di Indonesia tahun2009-2012. Sampel penelitian ini terdiri dari 33 Provinsi di Indonesia denganperiode penelitian tahun 2009-2012. Jenis data yang digunakan dalam penelitian iniadalah data sekunder yang berupa data PDRB, Inflasi, IPM, Pengagguran danKemiskinan yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (www.bps.go.id) dan SistemInformasi dan Manajemen Data Dasar Regional Badan Perencanaan PembangunanNasional (www.simreg.bappenas.go.id). Data tersebut diolah menggunakan metodeanalisis regresi liner berganda, uji asumsi klasik, uji simultan (uji F), uji parsial (ujit) dan koefisiensi determinasi dengan bantuan program SPSS22. Hasil daripenelitian ini merupakan penelitian lanjutan berdasarkan temuan-temuan daripenelitian sebelumnya yang sangat menarik untuk dianalisis kembali. Hasilpenelitian ini menunjukkan PDRB dan Inflas tidak berpengaruh signifikan terhadapKemiskinan. Sedangkan IPM dan Pengangguran berpengaruh signifikan terhadapkemiskinan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangandikemudian hari untuk pengambilan keputusan bagi pemerintah daerah maupunpemerintah pusat dalam menanggulangi masalah Kemiskinan.

Keywords


PDRB, Inflasi, IPM, Pengangguran, Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Amalia, Fitri. (2012). Pengaruh Pendidikan, Pengangguran dan Inflasi Terhadap Tingkat Kemiskinan di

Kawasan Timur Indonesia (KTI) Periode 2001-2012. EconoSains Vol. X, No.2.

Dewanto, P., Rujiman., Suriadi, A. (2014). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Dan Ketimpangan

Pendapatan Terhadap Pengentasan Kemiskinan Di Kawasan Mebidangro. Jurnal Ekonom. Vol. 17.

No. 3. Juli 2014

Immelia. (2012). Pengaruh Inflasi terhadap kemiskinan di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma ekonomika

Vol.1, No.5.

Iskandar, Irham. (2011). Pengaruh PDRB, Jumlah Penduduk, IPM dan Desentralisasi Fiskal Terhadap

Kemiskinan Pada Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Vol.2, No.2.

Permana, A.Y. dan Arianti, F. (2012). Analisis Pengaruh PDRB, Pengangguran, Pendidikan, dan

Kesehatan Terhadap Kemiskinan di Jawa Tengah Tahun 2004-2009. Diponegoro Journal of

Economics Vol.1, No.1.

Badan Pusat Statistik. [online]. (2016). http://www.bps.go.id. [20 February 2016].

Badan Pengawas Pembangunan Nasional [online]. (2016). http://www.simreg.bappenas.go.id. [20

February 2016].