METODE DAN MEDIA SOSIALISASI AKUNTANSI PADA UKM DI KOTA PALEMBANG

Nelly Masnila, Yuliana Sari, Sandrayati Sandrayati

Abstract


Pada awal tahun 2011 standar akuntansi keuangan untuk Entitas tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) mulai berlaku efektif. Standar ini relatif lebih sederhana dari SAK umum yang sebelumnya digunakan di Indonesia. Namun demikian pemahaman UKM terkait akuntansi relatif masih rendah. Masih rendahnya pemahaman UKM terhadap akuntansi berikut penerapannya menjadi dasar yang kuat terkait sosialisasi akuntansi berikut standar akuntansi yang digunakan. Hasil penelitian pada UKM di kota Palembang yang dilakukan dengan cara menyevar kuesioner terhadap 120 UKM diperoleh informasi bahwa hampir semua UKM menyetujui dilakukannya sosialisasi akuntansi sekaligus hampir semua UKM memilih (menyetujui) sosialisasi melalui penyuluhan. Sosialisasi melalui melalui media elektronik kurang disukai dibanding sosialisasi secara langsung.

Keywords


metode sosialisasi, media sosialisasi, akuntansi

Full Text:

PDF

References


Furqan, Andi Chairil dan Karim, Fikry. 2012. Problematika Praktik Akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UKM) serta Keterkaitannya Terhadap Akses Kredit. Publikasi internet.

Rudiantoro, Rizki dan Siregar, Sylvia Veronika. 2012. Kualitas Laporan Keuangan UKM serta Prospek Implementasi Sak ETAP. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Vol 9. N0. 1. Juni 2012.

Sandrayati, Nelly Masnila, dan Yuliana Sari. 2015. Peta Praktik Akuntansi pada UKM di Kota Palembang. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora. ISSN 2089-3590, EISSN 2303-2472 | Vol 5, No.1, Th, 2015

Wati, Evi Emilia. 2011. Persepsi Para Pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Terhadap Penerapan Akuntansi. Skripsi. Tidak dipublikasikan.