IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS

Anne Ratnasari, Yusuf Hamdan, Aning Sofyan

Abstract


Wanita pengusaha berkomunikasi dengan calon konsumen melalui berbagai aspek dalam komunikasi pemasaran, di mana calon konsumen akan menyadar keberadaan produk, mengenal lebih jauh produk unggul, dan mempersuasi mereka untuk menyukai dan membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kualitas produk, bauran pemasaran, penggunaan media komunikasi, hubungan kemitraan, kualitas pelayanan bagi konsumen, dan faktor penghambat komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis. Metode penelitian ini kualitatif dengan teknik analisis data berupa studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian ini menemukan, wanita pengusaha memiliki produk yang berkualitas, memperkenalkan produk kepada konsumen dengan menerapkan bauran pemasaran yaitu, promosi penjualan berupa diskon, dan pemberian sampel produk gratis, personal selling dengan mengunjungi calon konsumen, pameran, dan pemasaran melalui mulut ke mulut (words of mouth). Media komunikasi yang digunakan leaflet, broadcast message melalui BBM, dan media sosial (facebook). Wanita pengusaha memiliki hubungan kemitraan yang baik, kualitas pelayanan kepada konsumen dilaksanakan dengan baik. Faktor penghambat komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis antara lain kurang menginformasikan produk atau jasa kepada calon konsumen.

Keywords


komunikasi pemasaran, wanita pengusaha, persaingan, bisnis.

Full Text:

PDF

References


DeVito, Josep A. 2013. The Interpersonal Communication Book.Boston : Pearson Education Inc.

ekbis.sindonews.com. “Jelang MEA. Iwapi Minta Pemerintah Beri Pelatihanâ€. 24 November 2014a.

ekbis.sindonews.com. “Perkokoh Basis UKM, Iwapi Tak Takut Hadapi MEAâ€. 24 November 2014b.

Gasper, Vincent. 2001. Manajemenen Kualitas Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ikatan Wanita Pengusaha DPD Jawa Barat. 23/3/2012.

Juju, Dominikus, dan Sulianta, Feri. 2010. Branding Promotion With Social Network. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program S1. Jakarta: Hikmah (PT Mizan publika).

Kotler, Philip; & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas, Jakarta: PT Indeks.

Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid. PT Indeks. Jakarta.

Pikiran-rakyat.com, 8 Januari 2011.

Mansur, Yusuf Ust. 2012. Boleh Gak Sih Ngarep? Belajar Tentang Sedekah. Jakarta:Zikrul Hakim.

Metrotvnews.com, “IWAPI Rayakan Ulang Tahun Ke-39â€. 10 Februari 2014.

Moneter.co.â€Jelang MEA 2015, Ini 3 Pesan Buat Wanita Pengusahaâ€. 8 Mei 2014.

Muhyidin, Muhammad. 2011. Keajaibah Shodaqoh. Yogyakarta : Diva Press.

Mursid, M. 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.

nasional.kontan.co.id. Duh, Indonesia masih minim mencetak pengusaha muda. 19 Oktober 2014.

Nelson-Field, Karen &Reibe, Erica.â€The Impact of Media Fragmentation on Audience Targetting: an Empirical Generation Approachâ€. Journal of Marketing Communications. Volume 17, Issue 1, 2011.

Rahman, Su. 2012. Internet Marketing. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Simamora, Henry, 2000, Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II. Jakarta : PT Salemba Empat.

Shimp.Terence.A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Terj. Harya B.S, dkk. Jakarta : Salemba Empat.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka Utama.