ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS DAN STRATEGI USAHA PEMBUDIDAYAAN IKAN AIR TAWAR BERBASIS EKONOMI SUMBER DAYA LOKAL (SURVEY DI DESA MAYANG, KABUPATEN SUBANG, JAWA BARAT)

Muhardi Muhardi, Meidy Haviz, Noviani Noviani, Hassyati Ainun Mardhiyyah, Nida Dzulhikmi

Abstract


Usaha pembudidayaan ikan air tawar di Desa Mayang berbasis pada sumber daya ekonomi lokal. Namun demikian, keberadaan usaha masyarakat tersebut dinilai rentan dipengaruhi oleh lingkungan bisnisnya, yang disebabkan daya tawar masyarakat pembudidaya masih rendah. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui: (1) posisi usaha pembudidayaan ikan air tawar dalam lingkungan bisnisnya, dan (2) strategi usaha pembudidaya ikan air tawar dalam memanfaatkan potensi sumber daya ekonomi lokal. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam hal ini adalah deskriptif-survey, yang membutuhkan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari survey lapangan dalam bentuk dept interview yaitu dengan pemerintah desa setempat, pembudidaya ikan air tawar, pemuka masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya yang terkait. Sedang data sekunder diperoleh dari berbagai instansi pemerintah desa terkait. Alat analisis yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah SWOT analysis. Hasil yang dicapai dari penelitian menyimpulkan bahwa: (1) usaha budidaya ikan air tawar di Desa Mayang berada pada posisi eksisting internal yang perlu ditingkatkan, sementara peluang pasar yang dapat dimanfaatkan untuk keberhasilan usaha pembudidayaan ikan air tawar di desa ini adalah cukup besar dan potensial; dan (2) strategi usaha pembudidayaan ikan air tawar yang sebaiknya dilakukan masyarakat pembudidaya di desa ini adalah turnaround strategy, untuk dapat memanfaatkan peluang usaha budidaya dan potensi sumber daya ekonomi lokal secara optimal. Selanjutnya saran konkrit dari penelitian ini adalah, perlunya membentuk kelompok usaha sebagai upaya untuk memperkuat bargaining position masyarakat pembudidaya.

Keywords


Budidaya ikan air tawar, analisis lingkungan, strategi usaha

Full Text:

PDF

References


Baye, Michael R. (2010). Managerial Economics and Business Strategy. Seventh Edition. New York, NY 10020: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Kotler, Philip and Keller, Kevin L. (2016). Marketing Management. 15th Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.

Pearce II, John A. and Robinson, Richard B. (2011). Strategic Management: Formulation, Implementation, and Control. Twelfth Edition. New York, NY 10020: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Rothaermel, Frank T. (2013). Strategic Management: Concepts and Cases. New York, NY 10020: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Shani, A.B., Chandler, D., Coget, Jean-F., Lau, James B. (2009). Behavior in Organizations: An Experiential Approach. Ninth Edition. New York, NY 10020: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Stone, Marilyn A. and Desmond, J. (2007). Fundamentals of Marketing. New York, NY 10016: Routledge.

Thompson, Arthur A., Peteraf, Margaret A., Gamble, John E., & Strickland, A.J. (2014). Crafting and Executing Strategy: The Quest for Competitive Advantage, Concepts and Cases. Nineteenth Edition. Singapore: McGraw-Hill Education.

Trompenaars, F. and Hampden-Turner, C. (2010). Riding the Waves of Innovation: Harness the Power of Global Culture to Drive Creativity and Growth. United States of America: McGraw-Hill companies, Inc.

Weiss, Joseph W. (2001). Organizational Behavior and Change: Managing Diversity, Cross-Cultural Dynamics, and Ethics. 2nd Edition. United States of America: South-Western College Publishing, a division of Thomson Learning.