HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DAN IMPULSE BUYING PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERISTAS ISLAM BANDUNG

Eni Nuraeni Nugrahawati, Lisa Widawati

Abstract


Fakultas Kedokteran Unisba dalam proses pembelajarannya banyak diwarnai muatan pendidikan ke-Islaman dengan tujuan membangun nilai-nilai keislaman yang dapat diaplikasikan bukan hanya dalam pendidikan namun juga aspek kehidupan sehari-harinya. Pada kenyataannya, banyak mahasiswa Fakultas Kedokteran Unisba yang menunjukkan sikap dan perilaku hampir sama dengan mahasiswa kedokteran dari universitas lain umumnya dalam cara memenuhi kebutuhannya. Membelanjakan uang dalam membeli barang secara impulsif guna menunjang penampilan serta eksistensinya merupakan salah satu ciri gaya hidup yang ditampilkan mahasiswa kedokteran menggambarkan adanya kecenderungan perilaku yang didominasi oleh emosi, dikenal sebagai impulse buying.
Rancangan penelitian menggunakan metoda korelasi dengan subyek penelitian sebanyak 53 orang mahasiswa fakultas kedokteran Unisba. Data penelitian diukur dengan alat ukur berbentuk skala psikologi tentang Religiusitas (Glock & Star, 1965) dan Impulse Buying (Rook, 1987). Pengolahan data menggunakan path analysis dengan rumus SPSS versi 17. Hasil penelitian menggambarkan terdapat hubungan antara religiusitas dengan impulse buying, sekalipun nilainya rendah. Peranan religiusitas terhadap impulse buying sebesar 18,2%. Sebanyak 49% mahasiswa fakultas kedokteran menunjukkan nilai religiusitas yang rendah dan sebanyak 52% mahasiswa fakultas kedokteran menunjukkan impulse buying yang tinggi.


Keywords


Religiusitas, Impulse Buying, Unisba

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta: Pusat Penelitian Universitas Gajah Mada. 1989.

Ancok, Djamaludin & Nashori Suroso, Fuat.Psikologi Islami. Solusi Islam atas Problem-problem Psikologi. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta. 1995.

Beatty, S.E., Ferrell, M.E. Impulse Buying: Modelling Its Precursors. Journal of Retailing, 1998.

Engel, J., Blackwell, R. Consumer Behavior. Chicago, IL, Dryden Press, 1995.

Herabadi, A.G. Buying Impulses – A Study on Impulsive Consumption. Doctoral Thesis, University of Nijmegen, 2003.

Loudon, D.L., Bitta, A.J. Consumer Behavior Concept and Application. 4th ed., Singapore, McGraw Hill, 1993.

O’Guinn; Thomas C.; Ronald J. Faber. Compulsive Buying: A Phenomenological Exploration. Journal of Consumer Research, 1989.

Rook, D. W. The Buying Impulse. Journal of Consumer Research, 1987.

Santrock, John W. Adolescent. Jakarta: Gramedia. 2003.

Sarlito, Wirawan. Psikologi Remaja. Edisi ke-11 Cetakan Keenam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2007.

Siegel, Sidney. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1997.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Cetakan ke-6, Bandung; Alfabeta, 2004.

Suharsimi, Arikunto. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Verplanken, B., Herabadi, A.G. Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and no Thinking. European Journal of Personality, John Wiley & Sons, Ltd., 2001.