MENELUSURI HUBUNGAN KAUSAL ANTARA PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, KESEJAHTERAAN KARYAWAN DAN BRAND IMAGE RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK (RSIA) MUSLIMAT JOMBANG

Rachyu Purbowati, Langgeng Prayitno Utomo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian internal yang ada pada Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muslimat Jombang. serta mengetahui hubungan kausal antara penerapan sistem pengendalian internal, kesejahteraan karyawan dan brand image Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muslimat Jombang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan snowball sampling, variabel yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah (1) sistem pengendalian internal pada unit administrasi dan keuangan yang meliputi pemisahan tugas dan otorisasi (wewenang) yang tegas, prosedur pencatatan (sistem informasi akuntansi), praktik yang sehat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi unit organisasi, serta kualitas karyawan sesuai tugas dan tanggung jawabnya, (2) kesejahteraan seluruh karyawan RSIA Muslimat Jombang dan aktivitasnya dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat, serta (3) pasien sebagai penerima pelayanan tersebut (sebagai pencipta brand image). Dari penelitian tersebut dihasilkan bahwa tidak terdapat hubungan kausal antara penerapan sistem pengendalian internal, kesejahteraan karyawan dan brand image Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Muslimat Jombang. Penerapan Sistem Pengendalian Internal (SPI) yang baik di RSIA Muslimat Jombang yaitu SPI kinerja mempengaruhi kinerja karyawan dalam hal pemberian pelayanan kesehatan yang maksimal. Namun kinerja karyawan yang maksimal tersebut tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh kesejahteraan yang diterimanya.

Keywords


Hubungan Kausal, Penerapan Sistem Pengendalian Internal, Kesejahteraan Karyawan, Brand Image

Full Text:

PDF

References


Andriani, Ciptaning. 2011. “Analisis Perbedaan Kualitas Sistem Pengendalian Intern Masjid Ditinjau Dari Ukuran Masjid dan Tipe Organisasi Islam Pengelola Masjidâ€. (Online) http://eprints.undip.ac.id/32112/ (diakses 11 Maret 2012)

Baridwan, Prof. Dr. Zaki. 2004. Intermediate Accounting Edisi 8. Yogyakarta: BPFE.

Fallah, Mohammad Fajrul. 2010. “Analisis Pengungkapan Corporate Governance Berbasis Internet Oleh Perusahaan Publik di Indonesia Tahun 2010â€. (Online) http://eprints.undip.ac.id/32112/ (diakses 10 Maret 2012)

Fibriyanti, Erna. 2001. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Hasibuan, Malayu S.P. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

http://arozieleroy.wordpress.com/2010/07/12/kesejahteraan-karyawan/, diakses 16 Juni 2012

http://id.wikipedia.org/wiki/kesejahteraan, diakses 26 Maret 2012

http://id.wikipedia.org/wiki/sistempengendalianinternal, diakses 14 Maret 2012

Ikatan Akuntan Indonesia. 2007. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Jusup, Haryono Al. 2005. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Krismiaji. 2010. Sistem Informasi Akuntansi Edisi Ketiga. Yogyakarta: Bagian Penerbitan STIE YKPN.

Mardiasmo, Prof. Dr., MBA, Ak. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit Andi.