MODEL PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK WALIKOTA BANDUNG RIDWAN KAMIL

Parihat Kamil

Abstract


Sebagai kota kreatif di Indonesia Bandung memiliki berbagai kekuatan dan keunggulan baik dalam fashion, kuliner maupun agenda budayanya. Inovasi warganya yang nyaris tiada henti menawarkan berbagai kreasi baru baik dalam model, event dan aktivitas yang selalu mengejutkan bagi kehidupan masyarakat yang ada. Sebagai kota wisata yang dinamis fun dan smart. Banyaknya perguruan tinggi negeri dan swasta unggulan menjadikannya sebagai penabur bibit inovasi. Darinya pula lahir pemimpin bangsa baik pada level daerah maupun nasional. Karenanya pemerintah kota Bandung harus berperan melayani masyarakat dengan prima. Masyarakat dilayani dengan baik, agar semua keperluan mereka terpenuhi secara maksimum. Namun semua itu perlu kebijakan yang tepat, yang akan direspon dan didukung oleh masyarakat. Pemerintah yang baik adalah yang melayani kepentingan masyarakatnya yang dikenal sebagai good governance. Artikel ini berupaya membahas Pengembangan Model Peningkatan Kualitas Layanan Publik Kota Bandung Periode Muhammad Ridwan Kamil. Artikel ini mengemukakan beberapa Model yang bisa diambil oleh pemerintah, sesuai dengan pemangku kepentingan (stakeholders)-nya. Untuk birokrasi pemerintah cocok menggunakan Model Transformasi Utilitas; untuk publik (masyarakat) Model Improvement Kreatif; untuk perusahaan (corporate) dilayani dengan Model Improvement Ekologis.

Keywords


Pengembangan Model Kualitas, Model Layanan Publik, Model Transformasi Utilitas, Model Improvemen Kreatif

Full Text:

PDF

References


Bryson, J.M. 2001.Perencanaan Strategis bagi Organisasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar

Herimanto dan Winarno, 2010. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jones, C.O. 1996. Pengantar Kebijakan Publik (Public Policy). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Singer, P. 2012. Satu Bumi Etika Buat Era Global. Cianjur: IMR Press