KEBIJAKAN DIVIDEN BERDASARKAN RASIO KEUANGAN PADA PERUSAHAAN INDUSTRI DASAR DAN KIMIA YANG TERDAFTAR DI BEI

Rita Martini, Maria Maria, M Thoyib

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh variabel NPM, DER, CR dan Asset Growth terhadap DPR. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI yang datanya lengkap sesuai dengan data rasio yang diperlukan dan selalu membagikan dividen kas secara berturut-turut selama periode pengamatan tahun 2009-2011. Berdasarkan kriteria diperoleh sampel sebanyak 15 dari 59 perusahaan. Data sebelum dianalisis diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan secara parsial dari keempat variabel X, hanya variabel NPM (X1) yang berpengaruh terhadap variabel DPR (Y), dengan nilai signifikan sebesar 0,032. Secara simultan variabel X tidak berpengaruh terhadap variabel Y dengan nilai signifikan sebesar 0,110. Kemampuan prediksi dari keempat variabel X terhadap variabel Y sebesar 17% ditunjukkan oleh besarnya R square, sedangkan sisanya 83% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian.

Keywords


kebijakan dividen, rasio keuangan

Full Text:

PDF

References


Basuki, Arief. 2012. Analisis Pengaruh Cash Ratio, Debt to Total Assets Ratio, Debt Equity Ratio, Return on Assets, dan Net Profit Margin terhadap Dividend Payout Ratio pada Perusahaan Otomotif yang Listing di BEI. Universitas Diponegoro Semarang.

Hanafi, Mamduh. M. 2008. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Harahap, Sofyan Syafri. 2007. Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Indah Sulistiyowati, Ratna Anggraini dan Tri Hesti U. 2011. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Growth Terhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporate Governance sebagai variabel Intervening. SNA XIII, Purwokerto.

Jannati, Attina. 2012. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Growth terhadap Kebijakan Deviden (Sensus pada Perusahaan Manufaktur Consumer Goods Industry yang listing di BEI). Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi. Universitas Siliwangi. Tasikmalaya.

Kasmir. 2009. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Munawir. 2010. Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta: Liberty.

M. Reeve, James. 2010. Pengantar Akuntansi (Adaptasi Indonesia) (Buku 2). Jakarta: Salemba Empat.

Prastowo D, Dwi dan Rifka Juliaty. 2010. Analisis Laporan Keuangan: Konsep dan Aplikasi (Edisi 3). Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Pribadi, Anggit Satria & R. Djoko Sampurno Diponegoro. 2012. Analisis Pengaruh Cash Position, Firm Size, Growth Opportunity, Ownership, Return on Asset terhadap Dividend Payout Ratio. Journal of Management Vol 1, Nomor 1, Hal. 212-211. (http://ejournals1.undip.ac.id/index.php/djom)

Rahmahwati, Siti Nur. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2000-2004. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Riyanto, Bambang. 2011. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE