Klasifikasi Skor Kompetensi Bahasa Inggris untuk Penentuan Jenis dan Jumlah Mata Kuliah Bahasa Inggris (Studi Kasus IT Telkom)
Abstract
diwajibkan pemerintah (MKDU) yang perlu diberikan kepada mahasiswa agar
mahasiswa dapat memiliki bekal yang cukup untuk menyerap informasi dalam
bahasa Inggris maupun meningkatkan daya saing lulusan dalam mencari pekerjaan
terutama pada perusahaan multinasional. Saat ini, penentuan jumlah dan jenis mata
kuliah bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh suatu program studi dalam suatu
perguruan tinggi masih berbeda dan cenderung tidak memiliki dasar yang jelas.
Jenis mata kuliah bahasa Inggris yang dimaksud adalah berkaitan dengan
kontennya yaitu : listening, reading dan grammar dsb. Jumlah mata kuliah bahasa
Inggris berkaitan dengan banyaknya mata kuliah Bahasa Inggris yang perlu diambil
(Bahasa Inggris 1,2,3 dst). Hal inilah yang mendorong dilakukan penelitian ini,
agar penentuan jumlah dan jenis mata kuliah bahasa Inggris yang akan
diselenggarakan dalam suatu program studi dapat dilakukan secara obyektif
berdasarkan kemampuan dasar mahasiswa dalam bahasa Inggris dan berdasarkan
standar pencapaian kompetensi bahasa Inggris yang diharapkan. Penelitian
dilakukan dengan pengumpulan data awal kemampuan dasar mahasiswa berupa
skor EPrT (semacam TOEFL, IELTS, TOEICS dll) dan standar kompetensi yang
diinginkan. Selanjutnya berdasarkan klasifikasi data skor EPrT, terlihat peta
kemampuan bahasa Inggris mahasiswa dalam bidang listening, grammar dan
reading. Dalam kasus IT Telkom, dengan asumsi bahwa pemberian kuliah bahasa
Inggris dapat menningkatkan skor EPrT sebesar 50 poin dan dengan melihat
tingkat pencapaian kompetensi bahasa Inggris yang diinginkan yaitu EPrT=450,
maka jumlah mata kuliah bahasa Inggris yang dibutuhkan adalah 2 buah dengan
jenis kompetensi yang harus diberikan adalah grammar, reading, dan
listening(urutan proporsinya dari terbesar).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
FTUI(2010), Panduan Akademik Program Pendidikan Sarjana Teknik 2008-2011 dan
Profesi Arsitek 2009-2011 edisi 2010
indonesiatera.com
IT Telkom(2010), Buku Pedoman Institusi 2010
Tanti Irawati Muchlis, Neuneung R Hayati, Mardi, “Analisa pelaksanaan program
peningkatan TOEFL score mahasiswa didalam meningkatkan kompetensi lulusan
yang berdaya saing (studi kasus mahasiswa universitas Widyatama), Universitas
Widyatama
Teknik Kimia UGM (2006), Kurikulum S1 2006
Walpole Ronald E., Pengantar Statistika edisi ke-3, PT Gramedia Pustaka Utama
www.ets.org/toeic (2007), TOEIC User Guide, Educational Testing Service,
www.ielts.org
www.ittelkom.ac.id/graduate
www.material.itb.ac.id/pendidikan/, Kurikulum teknik Material ITB
www.material.itb.ac.id/pendidikan/, Kurikulum teknik Mesin ITB
www.mti.ugm.ac.id
www.sps.itb.ac.id/pendaftaran/persyaratan-magister/