Hubungan antara “Religious Commitment†dengan Keputusan Mengunakan Jasa Bank Syariah pada Dosen Unisba

Dewi Sartika, Ali Mubarak, Indari Larasati

Abstract


Bank Syariah kini keberadaannya sangat menjamur di Indonesia. Bank
Syariah merupakan bank yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam menjalankan
kegiatan ekonominya seperti, menjauhkan diri dari adanya unsur riba, memberikan
pembiayaan untuk hal yang halal, dan menumbuh kembangkan zakat. Unisba
merupakan universitas yang menerapkan ajaran-ajaran Islam dalam setiap
kegiatan akademiknya. Dalam proses belajar mengajar, para dosen Unisba juga
dituntut untuk memasukkan nilai-nilai Islam. Kesesuaian nilai Islam yang dianut
Bank Syariah membuat pihak Unisba untuk mempercayakan kegiatan
perekonomiannya di Bank Syariah, salah satunya dengan pembukaan rekening bagi
para dosennya sebagai fasilitas pengambilan gaji. Namun ternyata masih banyak
dosen Unisba yang belum memanfaatkan jasa bank syariah ini secara optimal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara
religious commitment dengan keputusan menggunakan jasa bank syariah pada
Dosen Unisba. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penentuan
sampel menggunakan teknik random sampling 66 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan cukup berarti antara
religious commitment dengan keputusan menggunakan jasa Bank Syariah dengan
koefisien korelasi sebesar 0.688. Hasil perhitungan juga menunjukkan bahwa
seluruh dosen memiliki religious commitment yang tinggi. 25 orang dosen sudah
memutuskan untuk menggunakan jasa bank syariah secara aktif, 35 orang dosen
sudah memutuskan untuk menggunakan jasa bank syariah namun masih
menggunakan jasa bank lain, dan 6 orang dosen memutuskan untuk tidak
menggunakan jasa bank syariah dengan perkataan lain, mereka hanya
menggunakan jasa bank syariah hanya untuk pengambilan gaji saja.

Keywords


religious commitment, keputusan menggunakan jasa bank syariah

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin dan Suroso, Fuat Nashori. 2008. Psikologi Islami, Solusi

Islam atas Problem-problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Antonio, Muhammad Syaffii. 2001. Bank Syariah Dari Teori Ke Praktik. Jakarta:

Gema Insani Press.

Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Edisi Baru. Yogyakarta:

Rieneka Cipta

Essoo, Nittin and Sally Dibb. 2004. Journal of Marketing Management

“Religious Influences of Shopping Behaviour: An Exploratory Studyâ€.

University of Warwick.

Glock and Stark. 1969. Religion and Society In Tension. USA: Rand Mc. Nally &

Company.

Jalaluddin. 2008. Psikologi Agama. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Kotler,Philip and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1.

Jakarta: Indeks.

Rakhmat, Jalaluddin. 2003. Psikologi Agama: Sebuah Pengantar. Bandung:

Mizan Pustaka.

Schiffman, Leon & L. L. Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi Ketujuh.

Jakarta: Indeks.