“Servant Leadership†dan “Ethik Leadershipâ€: Tantangan Kepemimpinan dalam Pemerintah Indonesia

Idi Jahidi

Abstract


Penyelenggaraan pemerintahan saat ini dan kedepan, dibutuhkan
pemimpin yang memiliki pemikiran baru tentang kepemimpinan publik. Kepemimpin
pelayanan (servant leadership) dan kepemimpinan etik (ethik leadership) yang
memiliki kredibilitas, integritas, ketekunan, kerendahan hati, semangat berbasis
pelayanan, memiliki kontribusi merupakan katalis perubahan dengan cara
membantu para bawahan yang terlibat dalam proses penetapan tujuan,
mengarahkan, sangat hormat kepada bawahan, rendah hati guna menghadapi
tantangan.

Keywords


Servant Leadership, Ethik Leadership, dan Pemerintahan Indonesia

Full Text:

PDF

References


Bass, B.M. 1981. Stogdil’s Handbook of Leadership, A Survey of Theory and Research.

Revised and Expanded. New York: Free Press

_____________. 2008. The Bass Handbook of Leadership (Theory, Research, and

Managerial Applications). Fourth Edition. New York: Free Press A Division of

Simon & Schuster, Inc.

Bass, B.M. and Riggio Ronald E. 2006. Transformational Leadership. Second Edition.

New Jersey: Lawrence ErlbaumAssociates, Inc.

Basuki, Johanes. tt. Tantangan Ilmu Administrasi Publik: Paradigma Baru

Kepemimpinan Aparatur Negara. Jakarta: STIA LAN Jakarta.

Bennett, R. 1994. Organizational Behaviour. Second Edition. The ME Handbook

Series.

Budiman Rusli. 2004. Pelayanan Publik di Era Reformasi. www.pikiranrakyat.com. 7

Juni 2004.

Burns, J.M. 1978. Leadership. New York: Harper and Row.

Goethals, George R. and Sorenson, Georgia L.J. 2006. The Quest for A General Theory

of Leadership (New Horizon in Leadership Studies). Massachusetts USA:

Edward Elgar Publishing, Inc.

Griffin, R.W. 1987. Management. Boston: Houghton Mifflin Company.