Karakteristik Gambar Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Jakarta

Ariesa Pandanwangi, Yasraf Amir Piliang, Nuning D. Adisasmito, Elmira Elmira

Abstract


Menggambar adalah salah satu kegiatan untuk mengekspresikan diri
secara visual. Melalui gambar seseorang dapat “menceritakan†kejadian atau
peristiwa yang baru dialami, merekam kenangan masa lalu, atau berimajinasi
tentang masa depan. Penelitian ini akan mefokuskan kedalam hal hal di atas dengan
karakteristik gambar anak yang berkesulitan belajar.
Penelitian ini meneliti karakteristik gambar anak yang berkesulitan belajar di
sekolah Talenta yaitu sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di Jakarta. Anak
yang berkesulitan belajar adalah anak yang tidak dapat menyelesaikan tugastugasnya
secara mandiri, tidak dapat mengikuti pembelajaran di kelas sehingga
membutuhkan perhatian khusus bahkan disekolah yang khusus pula. Salah satu
sekolah yang menampung anak berkesulitan belajar adalah sekolah Talenta di
Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi yang membandingkan hasil
gambar anak yang berkebutuhan khusus dengan anak yang tidak bermasalah dalam
gambar. Gambar anak yang dijadikan sampel adalah gambar anak usia 10-12
tahun. Aspek-aspek yang akan diteliti adalah bahasa rupa dan unsur rupa dari
gambar anak. Media yang dipergunakan adalah mix media, anak dapat
menggunakan media crayon, atau pensil berwarna. Kedua media ini dipilih karena
dapat merekam jejak garis, warna, bentuk dan komposisi yang akan diteliti dalam
unsur-unsur rupa.
Penelitian ini masih berlangsung, dengan hasil tentative bahwa karakteristik
gambar anak berkesulitan belajar disekolah untuk anak berkebutuhan khusus
adalah garis-garis yang dihasilkan sangat variatif, warna-warna yang
dipergunakan adalah warna primer, dan komposisi gambar asimetris.

Keywords


karakteristik, gambar anak, berkesulitan belajar, berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

References


Edwards, Betty. 1999. The New Drawing on the Right Side of the Brain. New York;

Penguin Putnam Inc. P 70-79.

Freeman, Melissa. Et all. (2009). Researching Children’s Experiences. New York; The

Guilford Press. P 112.

Gardner’s. 2001. Art Throuh The Ages. Eleven edition. USA: Harcourt College

Publisher. Page 67.

Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Edisi 3 Buku 1. Jakarta; Salemba

Humanika. Hal. 246-247.

Santrock, John (2007). Perkembangan Anak. Edisi 11 Buku 2. Jakarta; Erlangga. Hal.

-57.

Silver, Rawley. (2007). The Silver Drawing Test and Draw a Story. New York;

Routledge. P. 10-11, 69.

Tabrani, Primadi. (2005). Bahasa Rupa. Bandung; Kelir. Hal 186.