Hubungan antara Penerapan Teknik Disiplin “Power Assertion†dengan Penyesuaian Sosial Remaja di Panti Sosial Asuhan Anak Fajar Harapan Bandung
Abstract
pengasuh di Panti Sosial Asuhan Anak Fajar Harapan Bandung. Dalam
menerapkan disiplin pengasuh membatasi tingkah laku anak, memberlakukan
hukuman baik fisik maupun verbal serta tidak memberikan kesempatan pada remaja
dalam membuat keputusan, sehingga remaja merasakan pengasuh sebagai
penghambat pemenuhan kebutuhannya akan kasih sayang, kebebasan, kepercayaan,
perlindungan dan rasa aman. Penerapan aturan yang terlalu ketat, tegas dan
bersifat memaksa di panti asuhan ini, diasumsikan teknik disiplin power assertion.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar keeratan
hubungan antara penerapan teknik disiplin Power Assertion dengan Penyesuaian
Sosial Remaja di Panti Sosial Asuhan Anak Fajar Harapan Bandung. Penelitian ini
merupakan penelitian populasi, dengan subjek penelitian sebanyak 11 orang
remaja. Alat ukur penerapan teknik disiplin yang digunakan adalah angket yang
dikonstruksikan berdasarkan teori dari Hoffman. Sedangkan alat ukur penyesuaian
sosial adalah berupa angket yang dikonstruksikan berdasarkan teori penyesuaian
sosial dari Schneiders. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metoda
statistik nonparametrik, yaitu uji korelasi Rank Spearman, diperoleh hasil sebesar rs
= -0,716 yang berarti terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penerapan
teknik penerapan disiplin power assertion dengan penyesuaian sosial remaja di
Panti Sosial Asuhan Anak Fajar Harapan Bandung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saiffudin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Black, James A dan Champion, Dean J. 1999. Metode dan Masalah Penelitian Sosial.
Bandung: PT Refika Aditama (Penerjemah: E. Koswara, Dira Salam, Alfin
Ruzhendi )
Hurlock, Elizabeth B. 1994. Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang
Rentang Kehidupan). Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.
Mu’tadin, Zainun. 2002. Disiplin. Jakarta: e-psikologi.com
Mu’tadin, Zainun. 2002. Penyesuaian Diri Remaja. Jakarta: e-psikologi.com
Saefullah, Dadang. 1997. Panti Asuhan Bandung. Bandung: Bagian Pembina
Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Masyarakat.
Santrock, John W. 2003. Adolescence (Perkembangan Remaja). Edisi Keenam.
Jakarta: Erlangga.
Schneiders, Alexander A. 1964. Personal Adjustment and Mental Health. New
York: Holt Rinehart and Winston.
Siegel, Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik. Jakarta: PT Gramedia.
Suryabrata, Sumadi. 2000. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi