PROMOSI BISNIS DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN KONSUMEN

Anne Ratnasari, Yusuf Hamdan, Aning Sofyan

Abstract


Pengusaha muda berkomunikasi dengan calon konsumen melalui berbagai bentuk promosi bisnis, di mana calon konsumen dapat menyadari keberadaan produk dan jasa, membujuk dan mengingatkan mereka untuk membeli produk dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran, bauran promosi, faktor penghambat promosi bisnis dalam membangun hubungan dengan konsumen dan upaya untuk mengatasinya. Metode penelitian ini kualitatif dengan teknik analisis data berupa studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menemukan, pengusaha menerapkan bauran pemasaran berupa produk yang berkualitas, tempat yang nyaman untuk bisnis, harga yang memadai. Bauran pemasaran yang diterapkan pengusaha dalam promosi bisnis antara lain promosi penjualan, personal selling, dan iklan. Pengusaha mampu membangun hubungan baik dengan konsumen dengan cara berkomunikasi yang berlangsung dengan ramah, terbentuk rasa saling percaya, dan rasa tanggung jawab. Faktor penghambat promosi bisnis antara lain pengusaha kurang memahami bentuk komunikasi pemasaran, karena itu mereka kurang memanfaatkan promosi penjualan, personal selling, dan iklan dalam membangun hubungan dengan konsumen.

Keywords


promosi, bisnis, pengusaha muda, membangun hubungan, konsumen.

Full Text:

PDF

References


detik.com. “HIPMI Targetkan 2 Persen Warga Bandung Jadi Pengusahaâ€. 1 Juni 2016.

ekbis.sindonews.com. “Jelang MEA. Iwapi Minta Pemerintah Beri Pelatihanâ€. 24 November 2014a.

ekbis.sindonews.com. “Perkokoh Basis UKM, Iwapi Tak Takut Hadapi MEAâ€. 24 November 2014b.

hipmi.org. “Audiensi Ketua Umum BPP HIPMI (Bahlil Lahadalia) dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Imam Nahrawi). 11 April 2016.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kasali, Rhenald. 2010. Modul Kewirausahaan untuk Program S1. Jakarta: Hikmah (PT Mizan publika).

kontan.co.id. “Mendag: Jangan takut sama MEA 2015â€. 6 November 2014.

Kotler, Philip; & Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas, Jakarta: PT Indeks.

Philip, Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran Edisi 12 jilid. PT Indeks. Jakarta.

PRLM. “Perbankan Diajak Cari Peluang Pembiayaan ke UMKMâ€, 22 Desember 2015.

Metrotvnews.com, “IWAPI Rayakan Ulang Tahun Ke-39â€.10 Februari 2014.

Moneter.co.â€Jelang MEA 2015, Ini 3 Pesan Buat Wanita Pengusahaâ€. 8 Mei 2014.

nasional.kontan.co.id. Duh, Indonesia masih minim mencetak pengusaha muda. 19 Oktober 2014.

Sugiarto, Endar. 2002. Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Tribunjabar.co.id. “Dua Pengusaha Muda Bersaing Jadi Ketua HIPMI Jabarâ€. 15Agustus 2015.