ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECURANGAN AKADEMIK PADA MAHASISWA UNISBA

Yuhka Sundaya, Rabiatul Adwiyah, Mey Maemunah, Yonoki Yonoki, Rr Inggrid

Abstract


Penelitian untuk menggali kecurangan akademik mahasiswa di Unisba berpeluang untuk memberikan informasi yang berarti bagi pimpinan Unisba dan sivitas akademika dalam mengendalikan proses pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan : 1). Mengestimasi tingkat kecurangan akademik pada mahasiswa program sarajana di Unisba dan 2), Mengestimasi model ekonometrika yang menjelaskan faktor-faktor yang berpotensi mengubah peluang tingkat kecurangan akademik pada mahasiswa program sarajana Unisba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Spesifikasi Model Ekonometrika., dengan jumlah sampel sebanyak 467 mahasiswa program sarjana. Hasil penelitian ini menampilkan bahwa tingkat kecurangan akademik mahasiswa Unisba diestimasikan terdapat sejumlah 52.9 persen mahasiswa Unisba yang biasa mencontek dan 79.4 persen melakukan plagiasi. Faktor-faktor yang dapat mengubah peluang mahasiswa untuk nyontek dengan frekuensi jarang dan seringkali adalah (1) kemampuan akademik mahasiswa (IPK), (2) disiplin belajarnya yang dilihat dari frekuensi belajar sendiri (FBS) dan frekuensi membaca literatur (FML), (3) keketatan pengawan ujian (TPU), (4) upaya yang dicurahkan untuk mencontek (PUM), (5) kualitas pembelajaran di kelas (PKD), dan (6) intensitas tekanan sosial yang dilihat dari sikap teman terhadap tindakan mencontek (SKTM), Faktor-faktor yang dapat mengubah peluang mahasiswa untuk melakukan plagiasi dengan frekuensi jarang dan seringkali adalah (1) kualitas evaluasi oleh dosen (KDDPT), (2) kaitan tugas artikel ilmiah dengan capaian pembelajaran (PTCP), (3) intensitas tekanan sosial yang dilihat dari sikap teman terhadap tindakan palgiasi (SKTM), dan (4) kualitas komunikasi akademik dengan dosen di luar kelas (KDLK).

Keywords


Akademik, kecurangan, Plagiat.

Full Text:

PDF

References


Albercht, W.S. 2003. Fraud Examination. USA: South-Western.

Antenucci, Joe, James Tackett, Fran Wolf, Gregory A. Claypool. 2010. The rationalization of academic dishonesty in business student. Journal of Business and Accounting. Volume 2, Nomor 1, 77-91.

Becker, J. Coonoly, Paula L., dan J. Morrison. 2006. Using the business fraud triangle to predict academic dishonesty among business students. Academy of Educational Leadership Journal, Volume 10, Nomor 1, 37-54.

Bolin, A.U. 2004. Self-control, perceived opportunity, and attitudes as predictors of academic dishonesty. The Journal of Psychology. Volume 2, Nomor 138, 101–114.

Buckley. 1998. An investigation into the dimensions of unethical bahavior. Journal of education for Business. Volume 73, 284-290

Chrismastuti, A. A. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik Mahasiswa. Semarang: Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Akuntansi Universitas Katolik Soegijapranata.

Eckstein, Max A. 2003. Combating academic fraud – towards a culture of integrity. International Institute for Educational Planning, 5-101.

Jogiyanto, H.M. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Jogiyanto. 2011. Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis Varian dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kurnia, W. 2008. Mendeteksi kecurangan mahasiswa pada saat ujian. Skripsi.Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Lawson, R.A. 2004. Is classroom cheating related to business students’ propensity to cheat in the “real world� Journal of Business Ethics. Volume 49, Nomor 2, 189-199.

Malgwi, Charles A., Caryer C. Rakovski. 2009. Combating academic fraud: Are students reticent about uncovering the covert? Journal Academic Ethic. Volume 7, 207 221.

Martindas, R. 2010. Mencegah kecurangan akademik. http://budimatindas.blogspot.com, diakses tanggal 12 Februari 2014.

Sekaran, Uma. 2006. Research Methods for Business : A Skill Building Approach. PT.Jakarta: Elex Media Komputindo.

Shon, Phillip C. H., 2006. How college students cheat on inâ€class examinations: creativity, strain, and techniques of innovation. Plagiary: Crossâ€Disciplinary Studies in Plagiarism, Fabrication, and Falsification, 130â€148.

Wolfe, David T., Dana R. Hermanson. 2004. The fraud diamond: Considering the four elements offraud. The CPA Journal, 38-42.