MENGUNGKAP KESIAPAN IMPLEMENTASI SAK ETAP DALAM MENYAJIKAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DI KABUPATEN KUNINGAN

Teti Rahmawati, Oktaviani Rita Puspasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana kualitas laporan keuangan yang dihasilkan pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kuningan, kesiapan mereka dalam implementasi SAK ETAP pada penyusunan Laporan Keuangan para pelaku UMKM, serta dampak dari implementasi SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuangan pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Kuningan. Metode penelitian ini dirancang sebagai penelitian explanatory survey yang bersumber pada data primer dengan teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis tentang pemahaman pelaku UMKM terhadap SAK ETAP, sebanyak 57% tidak paham terhadap SAK ETAP, 38% sangat tidak paham terhadap SAK ETAP dan hanya sebesar 5% dari pelaku UMKM yang paham terhadap SAK ETAP. Berdasarkan hasil kuesioner sekitar 74 % responden menilai laporan keuangan sangat penting dalam perkembangan usaha dan 7 persen menyatakan sangat penting. Dengan demikian, berdasarkan data tersebut dapat dikatakan pengusaha UMKM menganggap bahwa pelaporan keuangan dan pembukuan akuntansi penting untuk perkembangana usaha merekadan menjadi bagian penting yang tidak terpisahkan dalam kegiatan UMKM

Keywords


UMKM, SAK ETAP, Kualitas Laporan Keuangan, Akses Perbankan

Full Text:

PDF

References


Alhusain, Achmad Sani. 2014. Analisa Kebijakan Permodalan Dalam Mendukung Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Provinsi Bali Dan Sulawesi Utara). Kajian Vol 14 No.4.

Baas, Timo dan Mechthild Schrooten. (2006). Relationship Banking and SMEs : A Theoretical Analysis. Small Business Economic Vol 27.

Hutagaol, R. M. N. 2012. Penerapan Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Ilmiah. Vol. 1. No. 2.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2009. Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik. Dewan Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta.

Murniati. (2002). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyiapan dan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Pengusaha Kecil dan Menengah di Jawa Tengah. Semarang : Universitas Diponegoro.

Narsa, I Made et al. 2012. Mengungkap Kesiapan UMKM dalam Implementasi SAK ETAP Untuk Meningkatkan Akses Modal Perbankan. Majalah Ekonomi Tahun XXII No 3 2012.

Pinasti, Margani. 2001. Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pengelolaan Usaha Para Pedagang Kecil di Pasar Tradisional Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi, No 1 Vol 3.

Probosari, Devi. 2014. Praktik Akuntansi dan Implikasinya Pada Kualitas Informasi ( Sebuah Studi Pada UMKM. Skripsi.

Rudiantoro, Rizki dan Sylvia Veronica Siregar. 2011. Kualitas Laporan Keuangan Umkm Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV Alfabeta.

Tuti, Rias dan S. Patricia Febrina Dwijayanti. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemahaman UMKM dalam Menyusunan Laporan Keuangan Berdasarkan SAK ETAP. The 7th NCFB and Doctoral Colloquium 2014â€Towards a New Indonesia Business Architecture Sub Tema: “Business And Economic Transformation Towards AEC 2015†Fakultas Bisnis dan Pascasarjana UKWMS.

Warren et al, 2014. Pengantar Akuntansi (Adaptasi Indonesia) Edisi 25. Salemba Empat. Jakarta