PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SAMSUNG GALAXY S3 MINI DI BANDUNG (ANALISIS PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN)

Nina Maharani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengambilan keputusan pembelian konsumen pada produk Samsung Galaxy S3 mini. Metode penelitian yg digunakan adalah deskriptif dengan sampel sebanyak 100 orang menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data menggunakan prosentase jawaban responden terbanyak . Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengambilan keputusan pembelian konsumen terhadap produk Samsung S3 mini melalui lima tahap yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian serta perilaku pasca pembelian. Strategi yang dapat dilakukan produsen Samsung adalah fokus pada kinerja fitur dan merek, tema iklannya adalah teman dan saluran distribusi yang digunakan adalah gerai elektronik.

Keywords


Proses Pengambilan Keputusan, Strategi pemasaran

Full Text:

PDF

References


Dwi Suhartanto. 2008.PerilakuKonsumen (Tinjauan Aplikasi di Indonesia). Penerbit: Guardaya intimarta. Bandung.

Engel. 2001.Consumer Behavior. Orlando, Florida: Harcourt CollegePublisher.

Fandy Tjiptono.2015. Strategi Pemasaran edisi 4. Penerbit Andi . Yogyakarta.

Ivan Mulyadi. 2015. Majalah Marketing Edisi 05/XV/Mei/ 2015 “ Peran Toko Fsik dan Onlineâ€

Karen Lim Lay yee, Han Kok Siew dan Benyamin Chan Yin Fah. 2013. Factors Affecting Smartphone Purchase Decision Among Malaysia Generation Y. International Journal of Asian Social Science. 2013

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13. Terjemahan oleh Benyamin Molan. PT Indeks. Jakarta.

Lin, Yun Tsan., S.C. Chen, and C.S.Hung 2011. The impact of Brand Equity, Brand Attachment, Product Involment and Repurchae Intention on Bicycle users, African Journal of Business Management. Vol.5 (14).

Rizki Suluh adi.2015. Majalah Marketing Edisi 01/XV/Januari/ 2015 “Saling Melengkapiâ€.

Sang- Zo Nam . 2013. Evaluation of University Students’s Utilization of Smarthphone. International journal Of Smart Home, vol 7. No 4. July 2013.

Surendra Malviya, Manminder Singh Saluja dan Avijeet singh Thakur, 2013. A Study on The Factors Influencing Consumer’s Purchase Decision Towards Smartphones in Indore. International Journal of Advance research in Computer science And Management Studies. Volume 1, November 2013

Schiffman, Leon.G dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi ke 7. Terjemahan oleh Drs. Zulkifli Kasip. PT Indeks. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian bisnis. Alfabeta, Bandung.

Tjoa Cynthia Anggraini Wijaya. Motif Masyarakat Surabaya dalam Menggunakan iPhone, Jurnal E-komunikasi. Vol I no.1 tahun 2013. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Edisi ke 2.PT Ghalia Indonesia. Bogor.

www.the-marketeers.com.2011

www.topbrand-award.com