Aplikasi Komunikasi Berbasis e-Learning bagi Guru SMA se-Bandung Raya sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pengajaran bagi Siswa SMA
Abstract
adalah dikembangkannya e-learning atau model pembelajaran interaktif berbasis
internet. Terdapat berbagai manfaat dalam menerapkan e-learning. Namun, masih
banyak guru yang awam dengan aplikasi ini. Dengan sasaran kegiatan berupa
guru-guru SMA di Kodya Bandung, pelatihan ini mengajarkan bagaimana guru
dapat memanfaatkan e-learning dalam proses belajar mengajar di kelas, dengan
biaya sangat terjangkau. Metode kegiatan dalam bentuk ceramah dan simulasi,
dengan evaluasi kuantitatif dan kualitatif. Sesudah pelatihan, terdapat peningkatan
kompetensi berinternet di kalangan peserta sebesar 76 %. Kendala terbesar dalam
menerapkan e-learning adalah ketiadaan upaya terlembaga dari sekolah untuk
mendorong aplikasi e-learning, dan ketiadaan mentor selaku pendamping dalam
aplikasi e-learning di sekolah masing-masing.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendi, Empy dan Hartono Zhuang. (2005). E-learning: Konsep dan Aplikasi.
Yogyakarta : Andi Offset.
Hartley, Darin E. (2001). Selling e-Learning.American Society for Training and
Development.
Rosenberg, Marc J. (2001). Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age.
New York: McGraw Hill.Sutikno, M. Sobry. (2004). Model Pembelajaran Interaksi
Sosial, Pembelajaran Efektif dan Retorika. Lombok: Nusa Tenggara Pratama Press.
Santoso, Agus. Pengertian E- learning. http://agusantoso.wordpress.com, diakses 23
Juni 2011.
Soekartawi. 2002a. “Prospek Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internetâ€. Invited
Papers. Disajikan pada Seminar Nasional Teknologi Pendidikan pada tanggal 18-19
Juli 2002 di Jakarta.
Soekartawi. 2002b. “E-learning, Kampus Virtual Masa Depan†dalam Harian Pelita, 29
Juli 2002.
Wahono, Romi Satria. (2005). Pengantar e-Learning dan Pengembangannya. Portal
http://www.ilmukomputer.com, diakses 4 Maret 2011.