IBMBAGI GURU TAMAN KANAK-KANAK MELALUI PELATIHAN MENGOLAH SAMPAH PLASTIK MENJADI MEDIA PEMBELAJARAN BIDANG SAINS

Retno Dwiyanti, Tri Na’imah

Abstract


Tujuan dari kegiatan ini adalah : 1) Memberikan pengetahuan teoritis kepada guru-guru TK kecamatan Purwokerto Utara dan kecamatan Purwokerto Timur tentang pembelajaran sains di TK, 2) Melatih guru-guru TK kecamatan Purwokerto Utara dan kecamatan Purwokerto Timurmembuat media dari bahan dasar sampah plastik untuk pengembangan sains anak TK. 3) Melatih guru TK kecamatan Purwokerto Utara dan kecamatan Purwokerto Timur menyusun buku panduan berupa modul penggunaan media dari bahan sampah plastik untuk pengembangan sains anak TK. Kegiatan yang sudah terlaksana adalah : 1) pelatihan tentang pembelajarann sains di TK, 2) pelatihan pembuatan media pembelajaran sains dari sampah plastik, 3) pelatihan pembuatan panduan penggunaan media pembelajaran sains. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pemberian tugas. Luaran yang sudah dihasilkan kegiatan ini ada peningkatan pemahaman tentang pembelajaran sains di TK. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan skor post tes dibandingkan dengan skor pre tes. Hasil kegiatan juga ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam membuat media sains dari bahan sampah plastik dan draf pedoman penggunaan media dalam pembelajaran sains di TK

Keywords


Sampah plastik, media pembelajaran sains, taman kanak-kanak.

Full Text:

PDF

References


Appleton, K. (1993). Using theory to guide practice: Teaching science from a constructivist perspective. School Science and Mathematics, 93(1993). 269-274.

Nugroho.A., ( 2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung :

Wolfinger, D.M. (1994). Science and Mathematics in Early Childhood Education. New York: Harper Collins College Publishe