INDUSTRIAL AND MACRO FACTORS IMPACT TOWARD COMPETITIVENESS OF BATIK SMALL MEDIUM ENTREPRISES IN SURAKARTA

Isbandriyati Mutmainah, Irmawati Irmawati, Rumna Rumna

Abstract


Paper ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi daya saing UKM batik Surakarta, dengan mengidentifikasi lingkungan industri (mikro) dan lingkungan makro. Lingkungan industri (mikro) dianalisis dengan analisis berlian dari Porter, dan lingkungan makro dianalisis dengan analisis PESTEL. Pengumpulan data dilakukan dengan mendiskusikan kuesioner pada forum FGD yang melibatkan pelaku UKM batik Surakarta, pelaku skala besar batik Surakarta, Pemerintah Daerah Kota Surakarta, Akademisi dan konsultan enterpreneur di Surakarta.Dari hasil FGD menunjukkan, bahwa lingkungan industri (mikro) memberi pengaruh terhadap daya saing UKM batik Surakarta pada level moderat dan tinggi. Ancaman terbesar datang dari perusahaan sejenis, sedangkan pendatang baru dan pembeli memberikan ancaman yang paling rendah. Lingkungan makro memberi pengaruh positif dan negatif pada level moderat dan tinggi. Pengaruh terbesar datang dari lingkungan politik dan ekonomi, sedangkan terendah dari lingkungan legal atau hukum.

Keywords


daya saing, batik, Porter, PESTEL.

Full Text:

PDF

References


Anatan,Lina dan Ellitan, Lena, 2009, Strategi Bersaing, Konsep, Riset, dan Instrumen, Alfabeta, Jakarta.

Barokah, Siti Nur, 2011, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Strategi Bersaing pada UKM Batik di Kota Solo.Jurnal Administrasi dan Bisnis, Volume 12 Nomor 3, Oktober.

Darmansyah dan Soebagyo,Daryono, 2010, Stimulus Ekspor terhadap Kinerja Perusahaan-Perusahaan Batik, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Volume 11 Nomor 2, Desember

Mutmainah,Isbandriyati, 2015, Effectiveness of Empowerment Micro Enterprise, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 16, Nomor 1, Juni 2015,pp: 85-101

Mutmainah, Isbandriyati; Irmawati; Rumna, 2015, Pengembangan Model Strategi Bersaing UKM Batik Surakarta Berbasis Competitive Advantage, Penelitian Hibah Bersaing tahun ke 1, Perpustakaan Universitas Nusa Bangsa

Nurainun, Heriyana dan Rasyimah, 2008, Analisis Industri Batik di Indonesia, Fokus Ekonomi, Vol. 7, No. 3, Desember 2008, hal. 124 - 135

Porter, M.E., 1980, Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors, The Free Press.

Panggabean, Riana,2008, Dampak Pemberdayaan UMKM dan Koperasi Melalui Program P3KUM Bagi Anggota Koperasi (Studi Kasus di Kabupaten Brebes), Jurnal Infokop Volume 16, September.

Sulistyorini, Utami, 2013, Model Peningkatan Kinerja Produk Ekspor UKM Batik Surakarta Melalui Pembangunan Modal Sosial dan Daya Inovasi, Jurnal Aministrasi Bisnis, Volume 14 Nomor X Agustus

Thompson, A.A., Strickland III, A. J. and Gamble, J. E., 2010, Crafting and Executing Strategy: The Quest For Competitive Advantage: Concepts and Cases, Seventeenth Edition, McGraw-Hill.

Weni Novandari, 2013, Pemetaan dan Analisis Kompetensi Inti UKM Batik di Kabupaten Purbalingga dengan Pendekatan Value Chain, Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 12. Nomor 01. Maret 2013 hal: 25-36