EKSPERIMEN KREATIF DAN BAHASA RUPA DALAM MENINGKATKAN APRESIASI GAMBAR ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR

Ariesa Pandanwangi, Belinda Sukapura Dewi

Abstract


Penilaian dalam mata pelajaran menggambar di tingkat pendidikan dasar tidak ada tolok ukur yang khusus mengenai hal tersebut. Nilai yang diberikan oleh pendidik kerap membuat siswa kecewa. Padahal kegiatan menggambar merupakan kegiatan mengeksplorasi jiwa mereka dalam mengembangkan kreativitasnya. Hal ini dikarenakan pendidik belum ada pemahaman mengenai bahasa rupa gambar anak. Upaya untuk memahami bahasa rupa bagi pendidik di tingkat pendidikan dasar, menjadi penting, karena pendidik diharapkan dapat membaca gambar anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Upaya yang dilakukan adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan bahasa rupa dengan metode interaktif melalui eksperimen kreatif. Peserta kegiatan ini adalah pendidik ditingkat sekolah dasar. Tahapan yang dilakukan adalah 1) pemahaman bahasa rupa 2) eksperimen kreatif dan workshop bahasa rupa 3) pembahasan bahasa rupa. Lokasi kegiatan secara bertahap dilaksanakan di Bandung, Cirebon, Tanggerang. Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini adalah para pendidik di tingkat pendidikan dasar melalui eksperimen kreatif dapat memahami bahasa rupa gambar anak serta dapat mengimplementasikan ke dalam mata pelajaran menggambar sehingga diharapkan dapat mengapresiasi gambar anak lebih baik lagi.

Keywords


bahasa rupa, gambar anak, kreativitas

Full Text:

PDF

References


Tabrani, Primadi. (2012), Bahasa Rupa. Bandung: Kelir.

Tabrani, Primadi. (2014), Proses Kreasi. Bandung: ITB.

Maxwell, Joseph A. Loomis, Diane M. (2010) Handbook of Mixed Metods in social and behavioral research. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Hurlock, Elizabeth B. (1978), Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Michalko, Michael. (2001), Cracking Creativity: the secret of creative genius.

Yogyakarta; Penerbit Andi.