CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DALAM MEMBANGUN CITRA BAIK INSTITUSI

Farika Nikmah

Abstract


Citra perusahaan adalah citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, bukan citra atas produk dan pelayanannya saja. Citra perusahaan dipandang sebagai salah satu aset penting yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk dapat bertahan di tengah persaingan global. Citra ini terbentuk oleh berbagai macam cara salah satunya yaitu melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Berdasarkan pengamatan Politeknik Negeri Malang telah melaksanakan program-program CSR sebagai wujud kepedulian institusi terhadap lingkungan sekitar. Hal ini terbukti dengan adanya program beasiswa, program kesehatan masyarakat, serta program pengembangan dan modal usaha. Makalah ini merupakan hasil dari amatan langsung dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dilakukan di internal institusi juga pada masyarakat sekitar yang menjadi sasaran diselenggarakannya CSR. Untuk analisa data dijabarkan dan diuraikan secara deskriptif sesuai dengan hasil amatan yang dilaksanakan, dengan landasan teori sebagai pembanding.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa CSR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra institusi. Sebaiknya Politeknik Negeri Malang terus meningkatkan citra baik yang telah diperoleh dari masyarakat dengan terus melaksanakan program-program CSR.

Keywords


CSR, Citra, Manfaat Citra

References


Azheri, Busyara. 2012. Corporate Social Responsibility. Cetakan ke 2. Depok: Rajagrafindo Persada

Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communications. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. 2008. Dasar-dasar Public Relation. Cetakan ke 6. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suharto, Edi. 2009. Pekerjaan Sosial Dunia Industri. Cetakan ke 2. Bandung: Alfabeta

Untung, Hendrik Budi. 2009. Corporate Social Responsibility. Cetakan ke 2. Jakarta: Sinar Grafika