PENINGKATAN KUALITAS AKADEMIK SISWA MELALUI PENERAPAN IBM KELOMPOK BIMBINGAN BELAJAR

Diah Kurniati, Rina Fiati

Abstract


Dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 alinea ke empat, disebutkan bahwa tujuan Pendidikan Nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah mendirikan lembaga pendidikan formal seperti sekolah baik di tingkat pendidikan dasar, menengah maupun di perguruan tinggi. Selain pemerintah , masyarakat pun dapat berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, misalkan saja dengan mendirikan lembaga pendidikan atau kelompok bimbingan belajar non formal guna mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pendampingan, pelatihan, pengarahan, mengenalkan manfaat teknologi informasi, dan mengenalkan komputer dalam menunjang proses kegiatan belajar mengajar tentor dan siswa dalam rangka meningkatkan kualitas akademik siswa. Adapun Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendampingan meliputi pelatihan manajemen administrasi, pembukuan keuangan, meningkatkan penguasaaan bahasa inggris dan komputer/internet. Selain itu juga pelatihan bagi tentor dalam memberikan pengajaran yang efektif namun menarik bagi siswa, melalui pendampingan ,pengarahan dan pelatihan metode pembelajaran kontekstual dan PAIKEM bagi tentor. Hasil dari kegiatan ini adalah penerapan Ipteks melalui program kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan Jasa, seperti pengenalan konsep-konsep sarana belajar yang bersih dan ekoefisiensi, meningkatnya kualitas akademik (prestasi) kelompok bimbingan belajar, peningkatan jumlah peserta Kelompok Bimbingan Belajar, serta IPTEKS di Perguruan Tinggi

Keywords


Ipteks,Prestasi,Teknologi,Informasi, Komputer

Full Text:

PDF