KUALITAS KOGNITIF DALAM INTEGRASI TAKSONOMI BLOOMDAN TAKSONOMI SOLO (ANALISIS PENGARUH TINGKAT SOSIAL MAHASISWA FKIP PTS DKI JAKARTA DAN DI YOGYAKARTA)

Venny Eka Meidasari, Imam Suseno, Ahmad Kosasih

Abstract


Penelitian ini merupakan studi pengaruh tingkat sosial terhadap kualitas mahasiswa yang mengakses pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Swasta kawasan DKI Jakarta dan Daerah Khusus Istimewa Yogyakarta dengan mengintegrasikan tingkat kognitif taksonomi Bloom dan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes). Kedua model taksonomi ini memiliki kelebihan satu sama lain yang dapat saling melengkapi untuk diaplikasikan sebagai tolak ukur dalam mengetahui kualitas mahasiswa. Selain bersifat hirarkis, penggabungan taksonomi ini juga menuntut kemampuan mahasiswa memberikan beberapa alternatif jawaban atau penyelesaian serta mampu mengaitkan beberapa jawaban atau penyelesaian tersebut. Melalui jawaban yang diberikan seorang mahasiswa, dapat tercermin bagaimana caranya merespon pertanyaan dan bagaimana kualitas dari jawaban yang diberikan.Pemilihan mahasiswa FKIP sebagai objek penelitian karena produk LPTK akan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas yang merupakan modal menghadapi persaingan global. Secara sistematis, penelitian ini berupaya untuk memberi penjelasan dan pemahaman lebih dalam, lebih elaboratif dan menyentuh persoalan sosial yang berkaitan dengan pendidikan tinggi sehingga dapat memetakan kualitas kognitif ditinjau dari tingkat sosial yang diharapkan dapat memengaruhi kebijakan pemerintah dalam pembinaan pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui penelitian ini terlihat sejauh mana kualitas para mahasiswa calon guru yang merupakan harapan dari ujung tombak pendidikan yang perannya sangat menentukan di medan juang pendidikan.

Keywords


Taksonomi Bloom, taksonomi SOLO, kognitif, tingkat ekonomi sosial.

Full Text:

PDF

References


Biggs, J. dan Collis, K.F. (1982).Evaluating the Quality of Learning: The SOLO taxonomy. New York: Academic Press.

Bloom, Benyamin S. dan R. Karthwohl, David R.1979.Taksonomy of Educational Objectives (The Clasification of Educational Goals) Handbook 1 Cognitive Domain. London: Longman Group Ltd.

Dettmer, Peggy (2006). New Blooms in Established Fields: Four Domains of Learning and Doing. Roeper Review; Winter 2006; 28, 2; ProQuest Education Journals.

Moleong, Lexy. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Internet:

BKKBN, diambil dari http://aplikasi.bkkbn.go.id/mdk/BatasanMDK.aspx pada 10 Maret 2012.