ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA SEBAGAI KONSUMEN DI POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI SAMARINDA

Ita Merni Patulak

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor Pelayanan yang dapat berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, yang dalam hal ini adalah mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Samarinda. Dengan menggunakan teori Kepuasan Konsumen dari Parrasurchman, ada empat variable bebas (dependen) yang digunakan, yaitu Daya Tanggap (X1), Jaminan (X2), Empati (X3), dan Bukti Fisik (X4). Berdasarkan uji F pada pengujian hipotesis, diperoleh bahwa ke 4 variabel dependen tersebut bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel independen, yaitu Kepuasan Konsumenn (Y), dimana nilai f hitung adalah 13,386%. Berdasarkan uji kelayakan (validitas model) dengan menggunakan nilai F hitung yang diperoleh sebesar 13,386 > F tabel dengan signikansi 0,000 lebih kecil daripada 0,05 maka dapat dikatakan bahwa secara keseluruhan variabel-variabel bebasnya mempunyai pengaruh yang signifikan/nyata terhadap Kepuasan Konsumen (Y).Berdasarkan uji parsial diperoleh t hitung masing-masing variabel adalah: Daya Tanggap sebesar 1,684 ; tingkat signifikan 0,046; Jaminan sebesar 1,395 tingkat signifikan 0,017; Empati sebesar 4,914 tingkat signifikan 0,000; Bukti Fisik sebesar 1,751 tingkat signifikan 0,033.Diantara variabel X1-X4 di atas, variabel Empati (X3) dominan mempengaruhi Kepuasan Konsumen dengan nilai t hitung sebesar 4,914 dan signifikan 0,000. Berdasarkan nilai koefisien regresi dari variabel-variabel bebas yang diperoleh, secara keseluruhan pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen (Y) semuanya menunjukkan nilai yang positif (signifikan), namun Empati yang paling besar pengaruhnya. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian Mahasiswa Poltanesaa, cenderung memilih variabel Empati yang paling menyentuh dan memotivasi semangat belajar mereka, karena merupakan dorongan yang tidak sekedar menunjukkan simpati melainkan berusaha menjadi bagian dari diri mahasiswa, dan itu dirasakan besar sekali pengaruhnya buat diri mahasiswa. Dari model persamaan regresi diperoleh nilai koefisien korelasi (Multiple R) secara menyeluruh sebesar 0,745 atau 74,5% yang artinya hubungan antara Variabel dependen terhadap variabel independen adalah positif dan cukup kuat. Sedangkan nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,616. Ini berarti sebesar 61,6 % proporsi keragaman Kepuasan Konsumen (Y) yang dapat dijelaskan oleh ke 4 variabel dependen, sedangkan 38,4 % lainnya dijelaskan oleh variabel lain di luar Ke-4 variabel bebasyang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Keywords


Mahasiswa, Kepuasan Konsumen, Daya Tanggap, Garansi, Empaty, Bukti Fisik.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta.

Garpersz, V. 2003. Total Quality Management.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. 2003. Marketing Management. International Edition. New Jersey : Prentice – Hall Inc.

Malhotra, N.K. 1996. Marketing Research : An Applied Orientation. Fourth Edition. New Jersey : Printice – Hall, Inc.