STRATEGI KOMUNIKASI TOTAL DAN INTERAKSI SIMBOLIK DENGAN ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DHARMA ASIH PONTIANAK

Aliyah Nur’aini Hanum, Ery Hermawati

Abstract


Secara fisik anak tunarungu tidak berbeda dengan anak lainnya. Hal yang membedakan adalah ketika mereka berinteraksi dengan orang lain, mereka mengalami kesulitan berkomunikasi. Proses komunikasi anak tunarungu memerlukan pelayanan dan pendidikan yang khusus. Sekolah Luar Biasa (SLB) merupakan institusi pendidikan yang dikhususkan bagi anak-anak yang mengalami ketunaan. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi dan interaksi simbolik yang melihat esensi komunikasi terletak pada kesamaan makna antara aktor-aktor yang terlibat dalam proses komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan model komunikasi total dan interaksi simbolik mencakup pola komunikasi verbal, non verbal yang terjadi di antara tunarungu dan lingkungannya. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi komunikasi total yang dilakukan membutuhkan berbagai strategi lainnya yang dikombinasikan dalam mendukung efektivitas komunikasi antara tuna rungu dengan lingkungannya. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi masyarakat untuk melakukan interaksi dan komunikasi dengan anak berkebutuhan khusus, terutama tunarungu di lingkungan masyarakat.

Keywords


Komunikasi Total, Interaksi Simbolik, Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Beebe, Steven A. Beebe, Susan J. Redmond, Mark V. 1994. Interpersonal Communication Relating to Others. USA: Allyn and Bacon

Delphie, Bandi. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Refika Aditama. Bandung.

Devito, Joseph A. 1989. Human Communication the Basic Course. Fourth Ed. New York. Harper & Row Publishers

Hardjana, Agus M.2003. Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal. Kanisius. Yogyakarta.

Infante, Dominic A. Rancer, Andrew S. Womack, Deanna F. 1993. Building Communication Theory. Second Ed. Illnois: Waveland Press Inc

Kriyantono, Rachmat. 2007. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Perdana Media Grup

Miles, Matthew B. & Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta : UI Press.

Mulyana, Deddy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Mulyana, Deddy & Solatun. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy & Solatun. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy & Solatun. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS.

Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Trenholm, Sarah, & Jensen, Arthur. 2000. Interpersonal Communication. United States: Wadsworth Publishing Company.

Tubbs, Stewart L & Moss, Sylvia. 2005. Human Communication Prinsip-Prinsip Dasar. Deddy Mulyana (ed). Bandung: Remaja Rosdakarya.

West, Richard. & Turner, Lynn H. 2006. Understanding Interpersonal Communication Making Choices in Changing Time. United States: Wadsworth Publishing Company.

Sumber lain:

Brosur SLB Dharma Asih Pontianak

Supriyadi.Agus. 2002. “Fungsi Komunikasi Non Verbal dalam proses pembelajaran di SLB Tunarungu YRTRW Surakarta“. Tesis. Program Pascasarjana Bibdang Kajian Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran