PERANCANGAN STRATEGI PROMOSI DENGAN MODEL INTEGRATED MARKETING COMMUNICATIONS DI PT KN SIGMA TRANS

Senny Handayani, Asrofah Asrofah

Abstract


Untuk mampu bertahan di dalam persaingan pasar logistik sekarang ini, PT KN Sigma Trans perlu menetapkan strategi promosi diantaranya adalah dengan melakukan kegiatan IMC (Integrated Marketing Communication), namun IMC yang dilakukannya masih-lah sangat minim, sehingga perlu dilakukan perancangan program-program IMC yang dapat menarik pasar. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden yang terdiri dari 20 responden internal karyawan bagian marketing dan 30 responden eksternal dari mitra kerja. Metode analisis yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan purposive sampling. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan konsumen mengenai kegiatan IMC yang dilakukan oleh PT KN Sigma Trans terdahulu,kemudian mengimplementasikan rancangan promosi dengan metode IMC melalui media-mediakreatif, komunikatif, persuasif, efektif, untuk meningkatkan jumlah penjualan, meningkatkan pelayanan dan brand image di mata konsumen. Agar produk berkualitas, pelayanan yang maksimal diketahui oleh konsumen, informasi yang jelas, rutin dan akurat sangat penting mengingat konsumen merupakan client/corporate, melaluiIMC yaitu strategi yang tepat dalam memenuhi kebutuhan akan informasi produk PT KNsigma Trans. Perancangan IMC dilakukan melalui program jangka pendek dan jangka panjang dengan diimplementasikandalam media-media pendukung sehingga dapat menghasilkan output yangmaksimal yaitu terjalinnya dengan baik suatu pemenuhan kebutuhan konsumenakan informasi mengenai produk dan pelayanan perusahaan.

Keywords


Promosi,Integrated Marketing Communication (IMC), brand image, purposive sampling

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Pajak. Edisi 5. Bandung: ALFABETA.

Dissanayake. 2012. “Integrated Communications, Integrated Marketing Communications and Corporate Reputation: Evidence from Dell Computer Corporationsâ€. Journal of Ars, Science and Commerce.3, (III), 26-33.

Handayani, Senny. 2012. Komunikasi Pemasaran Terpadu: Teori dan Praktek. Bandung: Divisi Buku Manajemen Pemasaran dan Bisnis.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: Prenhalindo.

Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarna: Kencana.

Rehman, Shakeel. 2011. “Integrated Marketing Communication and Promotionâ€. Journal of Ars, Science and Commerce.Vol (II), 187-191.

Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising: Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak dan Elektronik dengan Efisien. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Santoso, Gempur. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Soemanagara, Rd. 2006. Strategic Marketing Communication. Bandung. ALFABETA.

Watono, Adji A dan Maya C. Watono. 2011. IMC (Integrated Marketing Communication) that Sells. Jakarta: Gramedia.