STUDI KORELASI ANTARA PENGATURAN DIRI DENGAN KEBIASAAN BELAJAR PADA MAHA DI KOTAMADYA PALEMBANG

Itryah Itryah, Dwi Hurriyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui korelasi antara pengaturan diri dengan kebiasaan belajar pada maha di kotamadya palembang. Hipotesis yang diajukan adalah ada korelasi antara pengaturan diri dengan kebiasaan belajar pada maha di kotamadya Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah maha yang kuliah di beberapa perguruan tinggi di kotamadya palembang. Alat ukur penelitian ini adalah skala kebiasaan belajar dan skala pengaturan diri.Subjek penelitian sampel ini diambil dengan meggunakan teknik accidental sampling.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang sangat signifikan antara pengaturan diri dengan kebiasaan belajar pada maha di kotamadya palembang. Analisis data di atas diperoleh bahwa besarnya koefisien korelasi antara variabel pengaturan diri dan kebiasaan belajar adalah R = 0.311 Dengan F =15.879 dan p = 0,000 dimana p<0,01. Hal ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang sangat signifikan antara pengaturan diri dengan kebiasaan belajar pada maha di kotamadya palembang. Selanjutnya, besarnya sumbangan yang diberikan oleh variabel pengaturan diri dengan kebiasaan belajar adalah (R²=0.097).


Keywords


kebiasaan belajar, pengaturan diri

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Athanasou (1997).Development of the self regulated learning teacher belief scale. Tesis (tidak diterbitkan).Rotterdam : Sense Publisher.

Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. 2006. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Duckworth, Kathryn et al. 2009. Self-Regulation learning: Literatere review. Centre For Research on The Wider Benefits on Learning Institute of Education, London.

Eggen dan Kauchaock D. 2001.Educational Pschology: Windows on Classrooms. Upper Saddle River. New Jersey :Prentice Hall.

Feist, Jess dan J. Feist, Gregory. 2008. Theories of Personality-6, terjemahan Yudi

Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar Yang Efisien jilid II. Yogyakarta: Liberty.

Gie, The Liang. 2002. Pengantar filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Liberty.

Ghufron. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Aruz Media.

Hadi, S. 2000. Statistik I dan II.Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. 2000. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

Hadi, S. 2000. 2006. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Ponz, S.G. & Newman, R.S. 1990.Developmental Aspects of Self-regulated

learning.Journal Educational Psychologist

Schuck dan Ertmer. 1999. Faciliting Self-Regulated Learning with

Technology.Departement of Psychology.Northern Illnois University.

Shaffer. 2000. Assessing Academic Self Regulated Learning. Conference on Indicators of Positive Development: Child Trends.

Sleight, R.E (1997).Educational Phsychology: Theory and Practice,

(4thed). Boston:

Allyn and Bacon.

Sugiyono. 2005. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sularti. 2008. Program Bimbingan dan Konseling untuk Mengembangkan Sikap dan Kebiasaan Belajar Siswa. Bnadung: SPS PBK UPI.

Surya.2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Jakarta: CV Maha Putra Adidaya.

Suryabrata, Sumadi. 1995. Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Thoresen dan Mahoney. 2001. Behavioral Self-Control.Holt, Rinehart dan Winston,

Woolfolk, Anita dan Gypsy M. Denzine.2004. Assesment Packege for Woolfolk,

Educational Psyhology, ninth edition. Pearson.

Wolters, C.A. 1998. Self-Regulated and College Students’ Regulation of Motivation.

Journal of Educational Psychology. 90, 224-235.

Yusuf, Syamsu. 2006. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah (SLTP dan SLTA). Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Zimmerman, B.J. 2002. Achieving Self -Regulation: The Trial and Triumph of Adolescence.In Pajares, F., & Urdan, T. 2002.Adolescence and education. Vol.2. P. (122-142). Academic Motivation of Adolescence. Greenwich: Information Age

Publishing.